• English
  • Bahasa Indonesia

Afif Minta Partisipasi Masyarakat Jambi Awasi Pilkada Serentak 2020

Anggota Bawaslu M Afifuddin saat menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Dalam Rangka Kilas Balik Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu 2019, di Jambi Senin 30 September 2019/Foto: Hendi Purnawan

Jambi, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Beberapa Bawaslu Provinsi dan kabupaten/kota sedang mempersiapkan diri mengawasi tahapan Pilkada Serentak 2020. Tahapan akan dimulai 1 Oktober 2019 sampai 23 September 2020. Salah satunya Provinsi Jambi yang akan melaksanakan pilkada untuk pemilihan gubernur dan lima pemilihan bupati yang meliputi Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Sungai Penuh, Batanghari, dan Bungo.

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin meminta jajaran Bawaslu untuk bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat dalam melakukan sosialisasi dan mengawasi Pilkada Serentak 2020. Tokoh agama, tokoh adat, akademisi, mahasiswa, media, dan organisasi masyarakat menurutnya harus dilibatkan.

"Saya minta partisipasi masyarakat Jambi bersama Bawaslu untuk mengawasi Pilkada Serentak 2020," katanya saat membuka acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Dalam Rangka Kilas Balik Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu 2019, di Jambi Senin (30/9/2019).

Afif menambahkan, pelibatan masyarakat dalam kerja-kerja pengawasan merupakan implementasi slogan Bawaslu: "Bersama Rakyat Awasi Pemilu". Tanpa adanya dukungan rakyat, lanjutnya, Bawaslu tidak bisa berbuat banyak. Selain mengawasi masyarakat juga ikut melakukan sosialisasi. Jika ada yang melanggar, masyarakat berhak untuk melaporkan kepada Bawaslu.

"Kalau penyelenggara dan masyarakat sama-sama menjaga proses pilkada, maka tahapan pilkada bisa berjalan dengan baik dan hasilnya juga baik," terangnya.

Dikatakan Afif, forum yang dihadiri oleh ratusan masyarakat dari berbagai elemen ini merupakan salah satu cara Bawaslu memberikan informasi terkait evaluasi kinerja Bawaslu Provinsi Jambi selama Pemilu 2019, dan rencana kerja Bawaslu dalam mengawasi Pilkada Serentak 2020. Karena Bawaslu merupakan penghubung antara masyarakat dalam konteks masyarakat pemilih.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu