• English
  • Bahasa Indonesia

Afif Ajak Mahasiswa di Aceh Awasi Pemilu

Anggota Bawaslu M Afifuddin (kedua dari kiri) saatmenjadi pembicara kegiatan Seminar Nasional Sosialisasi Hasil Pengawasan Tahapan Pemilu 2019 di ruang Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Syah Kuala, Senin 9 Desember 2019/Foto: Andrian Habibi

Banda Aceh, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Mochamad Afifuddin mengajak mahasiswa aktif mengawasi pemilu. Menurutnya, mahasiswa memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam mengawal proses demokrasi di Indonesia.

"Bawaslu butuh bantuan mahasiswa untuk mencegah dan mengawasi pemilu," kata Afif saat menjadi pembicara kegiatan Seminar Nasional Sosialisasi Hasil Pengawasan Tahapan Pemilu 2019 di ruang Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Syah Kuala, Senin (9/12/2019).

Afif mengatakan, mahasiswa yang masih muda dan kritis merupakan kekuatan terbaik untuk mencegah pelanggaran-pelanggaran pemilu. Bahkan, daya kritis mahasiswa juga mampu mendidik masyarakat.

"Namanya mahasiswa, sahabat-sahabat semua bisa membantu pemenuhan keadilan pemilu," terangnya.

Di sisi lain, mahasiswa yang terpelajar dan memiliki semangat juang tinggi bisa ikut berpartisipasi aktif dalam pemantauan pemilu. Afif meyakini, apabila mahasiswa ikut memantau, maka pengalaman kepemiluan akan lengkap dengan pengalaman praktik.

"Saya jelek-jelek begini juga dosen di FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Waktu saya masih mengajar, saya ajak mahasiswa untuk memantau pilkada. Pengalaman itu penting bagi pendalaman pengetahuan mahasiswa," jelasnya.

Afif yang juga pernah memimpin organisasi pemantau pemilu ini mengingatkan, mahasiswa turun ke jalan membantu pendidikan pemilih, khususnya tentang penegakan hukum yang perlu didahului pendidikan hukum pemilu.

"Tidak bisa kita menegakkan hukum tanpa memberitahu terlebih dahulu kepada masyarakat. Apa yang boleh dan yang dilarang dalam pemilu," kata mantan koordinator nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat ini.

Editor: Ranap HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu