• English
  • Bahasa Indonesia

Tidak Ada Permohonan PHPU Pemilu 2024, Totok Apresiasi Jajaran Bawaslu Bali

Anggota Bawaslu Totok Hariyono saat membuka Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Tahun 2024, di Gianyar, Senin (1/7/2024).

Gianyar, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Totok Hariyono mengapresiasi jajaran Bawaslu provinsi Bali yang telah melaksanakan Pemilu 2024 dengan sukses. Sebab, kata dia, pada Pemilu 2024 provinsi Bali tidak ada Permohonan Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU).

Dia mengatakan suskses di Pemilu 2024 menjadi modal pengawasan di Pemilihan 2024. Menurutnya, sukses penyelenggaran pengawasan Pemilu 2024 harus dibarengi dengan sukses tata kelola anggarannya.

“Karena Presidennya sudah terpilih, legislatifnya sudah terpilih, maka jangan sampai nanti diperiksa karena anggaran,” ucapnya saat membuka Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Tahun 2024, di Gianyar, Senin (1/7/2024).

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa ini mengungkapkan selain Pemilu 2024, Pemilihan 2024 adalah momen penting bagi penyelenggara pemilu. Oleh sebab itu, Totok meminta Bawaslu harus membuktikan eksistensi pada Pemilihan 2024.

“Selama kita jadi Bawaslu, membuktikan eksistensi itu hanya di dua momen penting. Yang pertama, momen pemilu yang kemarin sudah kita laksanakan, kemudian momen pemilihan yang sekarang tahapannya sedang berjalan,” ujarnya,

Dia mengingatkan jajaran Bawaslu Bali mengingat kembali sumpah janjinya saat dilantik. Menurutnya, menjadi pengawas pemilu harus berintegritas dan punya moral tinggi.

“Kita disumpah sebagai penyelenggara pemilu atas nama Tuhan yang diyakini kebenarannya. Karena itu kita harus menegakkan peraturan perundang-undangan dalam mengawasi Pemilihan 2024, dan itu wajib dilaksanakan,” tegasnya.

Dalam pertemuan ini, Totok juga menyampaikan pentingnya sinergitas komisioner dan sekretariat. “Dalam melaksanakan pengawasan, harus saling bekerja sama dan saling melengkapi. Meski berbeda tugas tetapi tujuannya sama yakni mengawal proses dan hasil pemilu yang berintegritas dan berkualitas," tegasnya.

Editor: BSW
Foto: Baini Taslihudin

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu