• English
  • Bahasa Indonesia

Potensi Pemilu 2024 Kompleks, Puadi: 5 Hal Perlu Dikonsolidasikan Bersama Stakeholder

Anggota Bawaslu Puadi dalam Dialog Kebangsaan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/10/2023).

Solo, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Puadi menyampaikan Pemilu 2024 mendatang berpotensi akan cukup kompleks kerawanannya sehingga perlu adanya konsolidasi bersama stakeholder. Hal ini dikemukakan Puadi dalam Dialog Kebangsaan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/10/2023).

Puadi menyampaikan ada beberapa hal yang membuat Pemilu 2024 kompleks. Pertama, jelas dia, penyelenggaraan Pileg, Pilpres, dan Pilkada dilakukan pada tahun yang sama meskipun tanggal pemungutan suaranya berbeda.

Selanjutnya, tambah dia, dari sisi teknis, membutuhkan petugas yang banyak dan waktu penyelesaian per tahapan yang membutuhkan waktu yang lama.

Terakhir, Puadi melihat adanya potensi persoalan yang sama dengan Pemilu dan Pilkada sebelumnya, sebab regulasi kepemiluan tidak mengalami perubahan.

"Dari segi historis, baru kali ini mengadakan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 merupakan agenda elektoral yang paling besar, paling rumit, dan paling kompleks sepanjang sejarah Pemilu di Indonesia," kata Puadi.

Sehingga adapun dia menjelaskan ada beberapa kerawanan yang perlu dijaga dan dicegah bersama-sama. Dia mencontohkan seperti dalam politik pasca kebenaran seperti hoaks, berita bohong, disinformasi, mis-informasi. Lalu, politik identitas yaitu penggunaan wacana agama, etnisitas, dan kesukuan dalam kampanye yang membuat pemilih tidak tercerdaskan.

Ada pula di tahun-tahun ini, Puadi menjelaskan, dapat terjadi juga politik permusuhan atau politik demagogi seperti menyebar permusuhan lewat ujaran kebencian (hate speech), kampanye hitam (black campaign). "Nah ini yang rentan itu ada dua politik uang vote buying yang mempengaruhi aparat pemerintah dalam mempengaruhi pilihan politik pemilih, lalu politik intimidasi mengancam pemilih agar memilih calon tertentu," terangnya.

Sebagai langkah awal, maka Puadi meminta semua pihak harus saling menghormati, menjaga kepercayaan, dan mengedepankan kepentingan bangsa. Sebab, menurutnya Pemilu adalah ajang memperkuat persatuan dan kesatuan, bukan memecah belah masyarakat.

"Oleh karena itu, diperlukan partisipasi aktif seluruh pihak dalam membangun budaya pemilu yang harmoni dan damai, serta menjaga keberlangsungan demokrasi di Indonesia, termasuk bagi pemilih yang ada di Luar Negeri," harap Puadi.

Penulis/Foto: Reyn Gloria
Editor : Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu