• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Gorontalo Gelar Apel Siaga Persiapan Pengawasan Pilkada 2017

Gorontalo, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Gorontalo menggelar Apel Siaga Persiapan Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, dan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Boalemo Tahun 2017, di Alun-Alun Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Kamis (27/10).

Apel siaga ini dihadiri dari unsur pemerintah kabupaten Boalemo, Polres Boalemo, KPU Gorontalo, KPU kabupaten/kota se-provinsi Gorontalo, serta kurang lebih 1200 peserta dari Panwaslu kabupaten/kota, Panwas kecamatan, pengawas pemilu lapangan (PPL) se-Provinsi Gorontalo.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Siti Haslina Said dalam sambutannya mengatakan bahwa pengawas Pemilu dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa khususnya, harus bersiaga dan berani menindak ketika ada indikasi pelanggaran dalam menjalankan tugas pengawasan. Ia berharap keberanian Panwas dalam bersiaga dan menindak jika ada indikasi pelanggaran yang dilakukan pasangan calon bisa dimulai ketika sudah memasuki tahapan kampanye pada tanggal 28 Oktober besok.

Bawaslu, lanjut dia, adalah lembaga hukum dalam pengawasan. "Di sinilah marwah lembaga kita dipertaruhkan. Di sinilah harga diri kita dipertaruhkan. Integritas kita adalah harga mati yang harus dipertahankan dalam menjalankan tugas pengawasan yang baik," ujarnya.

Menurut Wanita asal Makassar ini, marwah lembaga pengawasan sesungguhnya hadir sebagai penolong dan pihak yang dapat mengingatkan bagi pasangan calon yang akan melakukan pelanggaran. Pelaksanaan Pemilu/Pilkada akan lebih baik jika terus terawasi oleh pengawas Pemilu ataupun masyarakat. Selain itu, lanjut dia, pengawas Pemilu bekerja dan bertugas harus sesuai dengan asas penyelenggaraan Pemilu dan asas hukum.

“Mari kita rapatkan barisan, satukan langkah, dan tekadkan niat untuk mewujudkan Pilkada Tahun 2017 di Gorontalo berjalan dengan sukses. Kita buktikan suksesnya Pilkada di Gorontalo tidak luput dari peran kita semua sebagai pengawas," tegasnya.

Ia menambahkan, Pengawas Pemilu adalah satu kesatuan yang harus hadir di setiap tahapan. Pengawas pemilu harus ada di setiap lingkup kehidupan demokrasi. Dengan begitu, lanjut dia, Pilkada d iGorontalo pada 2017 nanti akan terkendali, terkontrol, dan terawasi oleh Panwas. Menurutnya, pelaksanaan Pilkada yang berkualitas dan bertintegritas itu tergantung bagaimana suksesnya pengawasan yang dilakukan oleh pengawas.

Penulis/Foto: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Friday, 12 June 2020 WIB
Tempat :
Gedung TLC DKPP
Waktu:
Sunday, 26 July 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)
Waktu:
Saturday, 25 July 2020 WIB
Tempat :
Darirng (online)
Waktu:
Thursday, 23 July 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu