• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Disarankan Merekrut Penyidik Kepolisian dan Kejaksaan

Hal itu dikatakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas, Khairul Fahmi dalam Seminar Nasional Bawaslu dan Penegakan Hukum Pemilu di Jakarta, Kamis 28 November 2019/Foto: Nurisman

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu disarankan untuk merekrut penyidik serta penuntut dari Kepolisian dan kejaksaan yang memahami seluk beluk pemilu. Hal ini bertujuan memudahkan Bawaslu dalam upaya menegakkan hukum pemilu.

Hal itu dikatakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas, Khairul Fahmi dalam Seminar Nasional Bawaslu dan Penegakan Hukum Pemilu di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

"Bawaslu sebaiknya coba buka ruang untuk rekrut penyidik dan penuntut yang kapabel serta punya integritas yang tinggi," tuturnya.

Dikatakan Khairul, jika jumlah penyidik, penuntut dari kepolisian dan kejaksaan tidak mencukupi, Bawaslu bisa merekrut penyidik mandiri dari para ahli hukum independen. Kehadiran mereka bisa memudahkan Bawaslu dalam menangani sebuah perkara pemilu.

"Masih ada berbagai cara yang bisa dilakukan Bawaslu. Semoga kedepannya bisa mendapatkan yang terbaik," seru dia.

Khairul menilai, cara ini lebih efektif dalam penegakan hukum pemilu dibanding membentuk lembaga atau badan baru. Karena akan menghabiskan anggaran yang tidak sedikit. Juga membutuhkan banyak waktu untuk merumuskan lembaga baru yang khusus menangani perkada pidana Pemilu.

"Lebih baik perkuat lembaga yang sudah ada agar kinerjanya maksimal," ucapnya.

Menurutnya, Sentra Gakumdu (Penegakan Hukum Terpadu) adalah tempat untuk menyatukan persepsi tiga lembaga. Khairul memastikan Sentra Gakkumdu bukan sebagai tempat untuk mengambil keputusan bersama terkait perkara bisa naik atau tidak ke proses selanjutnya. Selain itu, indepedensi kepolisian dan kejaksaan patut dipertanyakan. Pasalnya, kedua institusi tersebut berada di bawah eksekutif.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu