• English
  • Bahasa Indonesia

Upacara HUT RI, Herwyn Minta Bawaslu Daerah Kawal Kemerdekaan Hak Pilih Warga

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat menjadi pembina upacara di Kantor Panwaslih Kota Sabang, Sabtu (17/8/2024).

Sabang, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Dari ujung barat Indonesia, Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda memimpin upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. iDa meminta Bawaslu daerah se-Indonesia mengawal kemerdekaan seluruh warga negara Indonesia dalam menentukan hak pilihnya.

"Dalam pelaksanaan pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota,mudah-mudahan Bawaslu selalu mengawal untuk menjamin kemerdekaan setiap warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih, baik itu hak untuk mendapat informasi seperti visi, misi dan program pasangan calon pada saat kampanye, juga hak untuk memilih yang terbaik menurut mereka," katanya saat menjadi pembina upacara di Kantor Panwaslih Kota Sabang, Sabtu (17/8/2024).

Terlebih, kata dia, Pemilu 2024 telah sukses dilaksanakan dengan aman dan damai. Untuk itu, kesuksesan tersebut harus lebih baik lagi di Pemilihan 2024, terutama dalam memberikan kemerdekaan hak pilih kepada warga negara.

Dia mengingatkan, seluruh pengawas pemilu memiliki tanggung jawab besar yang merupakan amanat dari rakyat Indonesia. "Harapan rakyat untuk suksesnya penyelenggaraan pemilu kita pikul bersama. Sesuai visi kita menjadi pengawas pemilu yang tepercaya, harus kita wujudkan dengan kinerja kita profesional dan sikap netral dan berintegritas," ujarnya.

Dia beralasan memilih Kota Sabang yang merupakan beranda Indonesia memiliki sejarah panjang yang memilki kontribusi terhadap kemerdekaan Indonesia.
Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia tidak sekadar seremonial tahunan belaka. Lebih dari itu, sebagai momentum merenungi perjalanan bangsa.

"Perayaan ini bukan sekadar seremonial tahunan, melainkan momentum penting untuk merenungi perjalanan bangsa kita, dari masa lalu hingga kini, dan bagaimana kita akan melangkah ke depan menuju kehidupan yang lebih. Mari kita jadikan peringatan ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada pahlawan bangsa, seraya melanjutkan perjuangan mereka melalui langkah nyata dalam membangun bangsa," imbaunya.

Menurutnya tema peringatan HUT RI "Nusantara Baru Indonesia Maju," mencerminkan semangat untuk membangun Indonesia yang lebih baik, lebih kuat, dan lebih siap menghadapi tantangan global. "Nusantara Baru bukan hanya sekadar slogan, tetapi merupakan wujud dari tekad kita untuk mewujudkan Indonesia yang berdaya saing tinggi, modern, dan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai budaya dan moralitas yang diwariskan oleh leluhur kita," ujarnya.

Dia juga berpesan kepada peserta upacara agar terus menjaga persatuan, kesatuan, serta keutuhan bangsa. "Marilah kita jadikan peringatan HUT ke-79 RI ini sebagai momentum untuk memperkuat semangat persatuan dan kebersamaan dalam membangun nusantara baru. Dengan kerja keras, komitmen, dan semangat gotong-royong, kita pasti mampu mewujudkan Indonesia yang lebih maju, lebih sejahtera, dan lebih berdaya saing di mata dunia," ungkapnya.

Seusai melakukan upacara, Herwyn memimpin apel siaga untuk memastikan kesiapan Bawaslu daerah dalam melakukan pengawasan pemilihan kepala daerah dan dilanjutkan dengan melakukan penanaman pohon Manggis sebagai simbol integritas.

Apel siaga pengawasan tersebut dihadiri oleh perwakilan KPU, TNI, Kepolisian, Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya.

Editor: Deytri
Foto: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu