• English
  • Bahasa Indonesia

Tingkat Kesalahan di Pilpres Berkurang

Serang, Badan Pengawas Pemilu – Pimpinan Bawaslu Endang Wihdatiningtyas mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 jauh lebih baik daripada Pemilu Legislatif. Secara proses, ia yakin bahwa banyak kesalahan yang pada Pileg lalu terjadi dapat dibenahi.

Selain itu Pimpinan Bawaslu RI, Endang Wihdatiningtyas mengatakan, tingkat kesalahan penyelenggara pada pelaksanaan Pilpres diakui sudah lebih baik dari pada pelaksanaan   pileg lalu. Hal itu didasari semakin menurunnya kesalahan yang ditemukan dalam proses Pemilu Presiden 9 Juli lalu.

"Kami pikir tingkat kesalahan pelaksanaan Pilpres jauh lebih baik dibandingkan pileg Karena aduan dari panwas terkait penyelenggaraan pemilu semakin berkurang ". tambah Endang saat melaksanaka Supervisi Rekapitulasi Hasil Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tingkat Provinsi, di Serang, Banten, Sabtu (19/7).

Endang juga menjelaskan, berkurangnya kesalahan penyelenggara dalam melaksanakan pilpres menandakan kinerja KPU sudah lebih baik. Dengan demikian hal itu tidak berdampak terhadap banyaknya pemilu ulang di sejumlah daerah.

"Dari hasil evaluasi ini Kami perlu memberikan apresiasi terhadap pihak penyelengara, Khususnya KPU hingga petugas di TPS,"ungkapnya.

Sementara terkait supervisi yang dilakukan  terhadap Provinsi Banten. Lantaran di Banten terdapat 2 TPS yang melakukan  Pemungutan Suara Ulangn (PSU).

Berdasarkan laporan yang diterima Bawalu, pelaksanaan PSU di Banten terhitung telat. larena seharusnya kesalahan diketahui menjelang akhir-akhir penghitungan di TPS yang bersangkutan.

Endang menambahkan, selain provinsi Banten terdapat sejumlah Provinsi lain yang mendapatkan supervisi dari Bawaslu RI.

Hari ini Pimpinan Bawaslu RI berkeliling di seluruh provinsi di Indonesia. Diantaranya Ketua Bawaslu melakukan Supervisi Rekapitulasi di Provinsi Sulawesi Selatan, dan 4 Pimpinan  lainnya berkunjung ke Riau, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

 

Penulis        : Irwan

Editor         : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu