• English
  • Bahasa Indonesia

Tim Riset Thailand Pelajari Kewenangan Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Sebagai lembaga yang menyelenggarakan Pemilu, Bawaslu RI acap kali menjadi sasaran bagi lembaga lain untuk melakukan studi banding. Tidak hanya lembaga yang berasal dari dalam negeri tapi juga yang berasal dari luar negeri.

 

Seperti King Prajadhipok's Institute (KPI) Thailand, salah satu lembaga riset dari Thailand, berkunjung ke Bawaslu RI untuk mempelajari lebih dalam terkait tugas dan wewenang Bawaslu dalam menyelenggarakan khususnya mengawasi Pemilu Indonesia, Kamis (9/7).

 

Tim riset yang berjumlah tiga orang ini diterima oleh Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro. Dalam paparannya, Gunawan menyambut baik kedatangan tim riset ini karena dapat menyalurkan informasi terkait pelaksanaan demokrasi Indonesia khususnya dalam hal penyelenggaraan Pemilu.

 

“Kami senang kedatangan tamu dari Thailand. Semoga informasi yang diterima dari hasil diskusi ini dapat bermanfaat bagi riset Saudara,” ujar Gunawan.

 

Sementara Pattama Subkhampang, salah satu anggota tim riset KPI menjelaskan, informasi yang didapatkan oleh timnya terkait penyelenggaraan Pemilu oleh Bawaslu akan dijadikan bahan untuk penulisan riset.

 

“Saat ini kami tengah memiliki proyek riset dalam membandingkan penyelenggaraan Pemilu di negara-negara Asia, khususnya Indonesia dan Filipina,” ujar Pattama yang berbicara dalam bahasa Inggris.

 

Mengenai KPI sendiri, sambung Pattama, merupakan lembaga yang menyebarkan informasi tentang perkembangan demokrasi dan pemerintahan, baik di negara Thailand maupun yang di negara lain. “Hasilnya digunakan untuk menjadi landasan dalam mewujudkan demokrasi yang lebih baik di Thailand,” pungkasnya.

 

Penulis: Pratiwi Eka Putri

Foto     : Ahmad Ali Imron

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu