• English
  • Bahasa Indonesia

Tempatkan Rakyat Pada Posisi Berdaulat

Majene, Sulawesi Barat, Badan Pengawas Pemilu – Partisipasi masyarakat merupakan acuan terwujudnya Pemilu yang demokratis. Partisipasi masyarakat sangat penting karena Pemilu ini milik rakyat, bukan milik penyelenggara Pemilu ataupun pemerintah. Jika Pemilu itu merupakan bagian dari demokrasi maka kembalikan konteks penyelenggaran Pemilu itu kepada rakyat dengan menempatkan rakyat pada posisi yang berdaulat.

 

Demikian dikatakan Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah saat memberikan sambutan pada kegiatan Bimbingan Teknis Pengawasan TPS Berbasis IT di Majene, Sulawesi Barat, Selasa (24/1). “Jika pemilu untuk rakyat, maka rakyat harus diperlakukan sebagai subjek dan harus diperlakukan secara manusiawi yang harus dijaga harkat dan martabatnya,” ujar Nasrullah.

 

Lebih lanjut Nasrullah mengatakan, jika rakyat diposisikan sebagai objek, maka  rakyat hanya dibutuhkan sekali dalam lima tahun. Dan pastinya rakyat akan diperlakukan secara tidak manusiawi. Ini merupakan cara berfikir yang tidak manusiawi, sangat tidak beretika, dan miskin dari segi moralitas.

 

Oleh karena itu, sambung Nasrullah, Bawaslu ingin melakukan perubahan dengan cara mengembalikan Pemilu kepada rakyat, rakyat secara langsung, dan kedaulatan berada di tangan rakyat. “Maka dalam posisi kita sebagai penyelenggara Pemilu, peran serta masyarakat  ini sangat penting. Tidak mungkin pengawas bekerja dengan sendiri. Kita butuh masyarakat untuk turut mengawasi,” jelasnya.

 

Ia juga menuturkan, salah satu acuan Pilkada yang demokratis adalah jika mampu membangun proses kompetisi yang sehat. Jajaran pengawas ia harapkan dapat mendesain dan mewujudkan proses penyelenggaraan Pemilu yang kompeten.

 

Penulis/Foto: Muhtar

Editor: Pratiwi

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 12 Juni 2020 WIB
Tempat :
Gedung TLC DKPP
Waktu:
Minggu, 26 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)
Waktu:
Sabtu, 25 Juli 2020 WIB
Tempat :
Darirng (online)
Waktu:
Kamis, 23 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu