• English
  • Bahasa Indonesia

Tangkal Hoaks Pilkada 2024, Bawaslu Akan Kolaborasi dengan Admin Medsos di Daerah

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dalam Live Dialog Indonesia Bicara TVRI bertema Atasi Hoaks di Pilkada 2024 di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu akan berkolaborasi dengan admin akun media sosial (medsos) yang mempunyai pengaruh di daerah untuk menangkal hoaks atau berita bohong dalam Pilkada 2024. Kolaborasi ini merupakan salah satu strategi Bawaslu dalam meningkatkan literasi digital khususnya terkait Pilkada 2024 sekaligus mengajak semua elemen bangsa turut berpartisipasi aktif.

"Kita (Bawaslu) ajak admin medsos untuk memberikan informasi valid yang bisa mencerahkan terkait Pilkada 2024," ungkap Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dalam Live Dialog Indonesia Bicara TVRI bertema Atasi Hoaks di Pilkada 2024 di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Dia menjelaskan strategi tangkal hoaks di Pilkada 2024 tidak terlalu berbeda dengan strategi di Pemilu 2024. Kata Herwyn, yang membedakan adalah pemeran utamanya ada di Bawaslu daerah karena memang eskalasi hoaks pasti berpindah, yang tadinya fokus di Pilpres 2024 ke masing-masing daerah.

"Karena ini (hoaks) menyebar di 514 daerah, kami berharap partisipasi dinas-dinas Kominfo di daerah serta Lembaga Pemerintah lainnya, Perguruan Tinggi, Pegiat Pemilu, dan Organisasi Masyarakat Sipil didaerah supaya (hoaks) bisa diantisipasi sambil meningkatkan literasi publik," papar Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat itu.

Herwyn memprediksi hoaks akan banyak di tahapan kampanye dan menjelang pemungutan suara. Untuk mengantisipasinya, Bawaslu saat ini sedang mengidentifikasi kerawanan yang akan masuk dalam Indeks Kerawanan Pemilihan (IKP) 2024.

Selain itu, lanjut dia, Bawaslu juga tengah membuat panduan pencegahan untuk para pengawas pemilu di daerah, termasuk antisipasi hoaks. "Sambil kita juga menyosialisasikan bahaya hoaks bersama stakeholder kementerian/lembaga, pemerintah daerah, platform media sosial, kepada masyarakat. Kita juga akan memaksimalkan peran hingga ke desa dengan. Kita harus utamakan pencegahan," cetus laki-laki asal Manado itu.

Selain berkolaborasi dengan admin medsos daerah, Bawaslu juga akan melibatkan konten kreator untuk turut serta melakukan literasi digital.

"Dalam kompetisi seperti pilkada, saat ini butuh kerja keras kita bersama supaya kompetisinya sehat dan damai. Memang informasi sangat penting, memilih paslon pasti berdasarkan informasi tapi bagaimana menyampaikan informasi terkait paslon, visi misi, dan citra diri harus disampaikan dengan cara santun," pungkas Herwyn.

Editor: Rama Agusta
Foto: Jaa Pradana

Tag: 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu