• English
  • Bahasa Indonesia

Tahapan Pilkada 2024 Dimulai, Herwyn: Agenda Pencegahan Harus Dilakukan Bersama

Aangota Bawaslu Herwyn Malonda dalam Seminar Konferensi Daerah ke XII yang digelar DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Sulawesi Utara, Jumat (17/5/2024).

Manado, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengatakan agar pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan dengan baik, butuh pengawasan maksimal salah satunya dengan menyiapkan agenda pencegahan lebih awal. Seluruh elemen masyarakat harus terlibat dalam upaya untuk menghindari atau mencegah terjadinya praktik kecurangan pilkada.

Herwyn meyakini gerakan pencegahan ini sangat penting. Hal yang bisa dilakukan melalui pendidikan kepada kelompok masyarakat dan pemantauan. "Ini dalam rangka meningkatkan literasi kepemiluan dan mencegah praktik kecurangan Pemilu," kata dia dalam Seminar Konferensi Daerah ke XII yang digelar DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Sulawesi Utara, Jumat (17/5/2024).

Secara khusus, Herwyn juga mengajak GAMKI mampu berperan dalam pengawasan Pilkada 2024. Dia menjelaskan pengawasan partisiptif itu tentang peran dalam meakukan pendidikan pemilih.

"Kalau di KPU ada dua hal pokok yang biasanya disampaikan yakni ayok datang ke TPS dan teknis penyelenggaraan pemilu. Kalau di Bawaslu yang disuarakan terkait indeks kerawanan pemilu (IKP), sanksi dan larangan, serta bagaimana kita mencegah agar itu tidak terjadi," urai lulusan doktoral Universitas Brawijaya itu.

Herwyn mengungkapkan untuk menjadi pemantau pemilu di pilkada harus mendaftar ke KPU. Sementara di Bawaslu banyak saluran apabila masyarakat atau kelompok masyarakat ingin menjadi pengawas partisipatif, salah satunya bergabung ke saluran komunitas digital pengawasan partisipatif.

"Teman-teman bisa bergabung ke platform jarimu awasi pemilu, nanti kita berdiskusi disitu, apapun masalahnya didiskusikan disitu. Ada pula saluran pengawasan partisipatif dan kemitraan dengan organisasi kemasyarakatan. Kita berharap sebagai generasi muda bisa mengawal proses pemilihan dengan baik," kata dia.

Editor: Rama Agusta
Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu