• English
  • Bahasa Indonesia

Susun Perbawaslu Investigasi Penanganan Pelanggaran Pemilu, Upaya Bawaslu Lebih Aktif Buktikan Laporan Pelanggaran

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Saat ini Bawaslu telah menyepakati secara internal terkait dengan konsep investigasi, dan telah menyusun rancangan Peraturan Bawaslu tentang investigasi Penanganan Pelanggaran Pemilu. Anggota Bawaslu Puadi berharap dalam perbawaslu tersebut nantinya membuat Bawaslu lebih aktif dalam melakukan investigasi untuk membuktikan sebuah peristiwa dugaan pelanggaran pemilu.
 
Hal tersebut dikatakan Anggota Bawaslu Puadi dalam diskusi publik secara daring dengan tema Menatap Kesiapan Satu Tahun Menjelang Pemilu 2024 yang diadakan oleh Komite Pemantau Legilatif (KOPEL) jabodetabek bersama Transpency Internasional Indonesia (TII), Rabu, (15/2/2023).
 
“Bawaslu yang didukung dengan sarana prasanan, dan anggaran dalam pelaksanaan tugasnya diharapkan mampu untuk lebih aktif melalui investigasi ini. Tidak hanya berharap bukti atau informasi dari pelapor untuk membuktikan sebuah peristiwa dugaan pelanggaran pemilu,” tuturnya.
 
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu  ini menilai, investigasi merupakan sebuah tugas dan kewenangan yang strategis bagi Bawaslu beserta jajarannya, dalam rangka melakukan penanganan pelanggaran pemilu demi menegakkan keadilan Pemilu.
 
“Kewenangan ini perlu dimaksimalkan dalam rangka mendukung tugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu tahun 2024,” ungkapnya.
 
Dikatakan Puadi, yang dilakukan Bawaslu sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Telah diatur dua tugas utama Bawaslu sebagai lembaga yang mengawasi penyelenggaraan pemilu, salah satunya ialah melakukan penindakan pelanggaran pemilu.
 
“Dijelaskan pula dalam melakukan penanganan pelanggaran pemilu, Pengawas pemilu melakukan investigasi dugaan pelanggaran pemilu,” jelasnya. 
 
Penulis: Hendi Purnawan
Editor: Rama Agusta
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu