• English
  • Bahasa Indonesia

Sosialisasi Pilkada, Bawaslu Himbau Partai Tak Alergi Pengawasan Pemilu

Gunung Kidul, BAWASLU -  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggelar sosialisasi tatap muka stakeholders dan Masyarakat se Provinsi D.I Yogyakarta yang dilaksanakan di dua Kabupaten yakni, Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul, di DIY (5/4).

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Gunung Kidul DR. Himawan Wahyudi. Asek I Pemerintahan Gunung Kidul dan beberapa Omas, Kejaksaan, juga dari kepolisian mahasiswa dan pelajar. Bawaslu RI hadir di Kabupaten Gunung Kidul adalah kabupaten yang  pertama kali ‘disentuh’ bersama dengan Kabupaten Karawang dalam gelaran tatap muka Stakeholder terkait Pengawasan dana Kampanye.

Ada beberapa tahapan yang lain termasuk juga tentang Pengawasan, Penanganan Pelanggaran dan memastikan proses penyelenggaraan pemilihan Bupati di kabupaten Gunung Kidul.

“Tentu kita ingin menggiring kepada proses demokrasi yang elegan dan kompetitif tentunya.“ kata Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah.

Saat ini proses penyelenggaraan pemilihan Gubernur Bupati dan Walikota memang sedang dibahas dalam peraturan Bawaslu dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang sedang dikonsultasikan di Komisi II DPR RI. Beberapa isu yang sangat stategis diantara lain bahwa partai politik tidak boleh lagi elergi yang namanya Pengawasan karena selama ini dalam proses seleksi di tingkat internal, partai politik tidak ada yang menyentuh dan mengawasi.

“Sudah dibuat peraturannya sesuai dengan perubahan UU No. 8 Tahun 2015, dimana ada aturan di situ dilarang untuk memberikan imbalan kepada Partai Politik dan gabungan Partai Politik dalam proses pencalonan. Untuk itu, Pengawas pemilu ini akan hadir di tengah-tengah proses seleksi partai politik yang di klaim dilakukan secara demokratis,” tutur Nasrullah.

 

Penulis                        : Abdul Hamid Idrus

Editor                         : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu