• English
  • Bahasa Indonesia

Situasi Mencekam, Kantor Panwas Gowa Diserang Massa Pendukung

Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Massa pendukung calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gowa Andi Maddussila Andi Idjo-Wahyu Permana Kaharuddin menyerang kantor Panwaslih Kabupaten Gowa, Kamis (10/12) malam. Mereka menuntut agar Panwas merekomendasikan diskualifikasi bagi paslon nomor urut 5 Adnan Purichta-Abdul Rauf.

"Mereka  menuntut diskualifikasi pasangan Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni karena diduga melakukan kecurangan. Kami sudah sampaikan bahwa kasus ini harus diproses terlebih dahulu, tapi massa menolak," ujar Kepala Sekretariat Panwaslih Gowa Hatta Adam Fatah, Kamis (10/12) malam.

Menurut Hatta, massa memaksa agar Panwaslih segera mengeluarkan keputusan untuk mendiskualifikasi pasangan nomor 5 tersebut. Panwas menolak, karena ada prosedur yang harus dilakukan terlebih dahulu, yakni melakukan klarifikasi terhadap berbagai pihak.

Sebelumnya, pasangan calon Andi Maddussila Karaeng Idjo-Wahyu menuduh ada kecurangan yang dilakukan oleh tim sukses paslon nomor urut 5, dengan menempatkan kotak suara tidak di kantor kecamatan, melainkan di SMK 1 Pallangga.  Atas kejadian tersebut Panwaslih sudah memanggil beberapa pihak untuk dimintai klarifikasi. Namun, pihak PPK Pallangga belum sempat diklarifikasi.

"Kami baru mengklarifikasi pelapor sedangkan PPK belum sempat diklarifikasi. Massa keburu mengamuk karena menuntut rekomendasi Panwaslih harus keluar malam ini," tambah Adam.

Aparat keamanan dari unsur Brimob Sulsel berhasil memukul mundur massa yang belakangan diketahui tidak hanya dari pendukung nomor urut 1, tetapi juga dari nomor urut 2, 3, dan 4. Mereka sempat melempari kantor Panwas dengan batu. Untungnya tidak ada kerugian berarti baik nyawa dan materi dalam kejadian tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, ribuan massa pendukung calon tersebut sudah dilokalisir oleh aparat keamanan. Kapolda Sulsel Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar dan jajaran Panwaslih Kabupaten Gowa serta Bawaslu Provinsi Sulsel masih berdialog dan menenangkan massa pendukung.

Sebelumnya, massa pendukung paslon nomor urut 1, sudah terpancing amarah akibat dari beberapa survei quick count pasangan nomor urut 5 Adnan Purichta-Abdul Rauf unggul dalam perolehan suara Pilkada Gowa. Mereka sempat mengepung kantor KPU Gowa pada Rabu (9/12).

Sekedar informasi, dari hasil hitung TPS resmi versi KPU Gowa, untuk sementara pasangan nomor urut 5 unggul dengan perolehan 134.845 (41,72%) , selanjutnya Andi Maddusila Andi Idjo dan Wahyu Permana Kaharuddin denga perolehan 87073 suara (26,94%), Sjachrir Sjafruddin Jarung dan Anwar Usman perolehan 12800 Suara (3,96%), Djamaluddin Maknun dan Masjkur dengan perolehan 5048 suara (1,56%), Tenri Olle Yasin Limpo dan Hairil Muin dengan perolehan 83438 suara (25,82%).

Penulis   : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu