• English
  • Bahasa Indonesia

Sanjung Pemantau Pemilu atas Kerelawanannya, Totok: Mereka Mitra Taktis Bawaslu

Anggota Bawaslu Totok Hariyono (batik kuning) saat menerima audiensi dari Jaga Pemilu pada Selasa (9/1/2024).
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Totok Hariyono menyanjung pemantau pemilu atas kerelawanannya mereka dalam ikut serta membantu Bawaslu dalam mengawasi pemilu. Totok juga menyebutkan bahwa mereka (pemantau pemilu)merupakan mitra taktis dan strategis Bawaslu. 
 
“Tentu rasa hormat ini kepada pemantau sangat amat luar biasa karena kerelawanannya itu yang kami (Bawaslu) tidak punya. Kami ini pekerja demokrasi, tapi kalau pemantau ini relawan,” ungkap Koordinator Penyelesaian Sengketa dan Hukum itu saat menerima audiensi dari Jaga Pemilu pada Selasa (9/1/2024). 
 
Totok menambahkan pemantau pemilu merupakan kekuatan yang luar biasa bagi Bawaslu. Sebab menurutnya, kehadiran pemantau pemilu juga sejalan dengan prinsip pengawasan gotong royong yang melibatkan semua elemen masyarakat.
 
“Seperti pengawasan partisipatif dan sejuta pengawas, itu bagian dari benih-benih yang tumbuh dan terus kita semaikan. Jadi tidak banyak yang kami sampaikan kecuali rasa hormat dan terima kasih kepada kawan-kawan,” jelasnya. 
 
Totok berharap pengawasan gotong royong ini terus dilapisi dengan jiwa kerelaan yang ada di pemantau. Selain itu, untuk pemantau pemilu yang memiliki website seperti Jaga Pemilu, diharapkan bisa terkoneksi dengan Sigaplapor. 
 
“Sehingga kita bisa saling melihat, sehingga nantinya bisa saling mengkritisi karena kita juga butuh partner strategis kami karena tujuannya sama. Pemilu yang luber dan jurdi,” tutup Totok.
 
Sekadar informasi, Pemantau Pemilu yang tergabung dalam Jaga Pemilu ini terdiri dari berbagai kalangan. Semisal ada  eks Anggota KPK Periode 2003-2007 Erry Riyana Hardjapamekas dan juga Ketua Bawaslu Periode 2017-2022 Abhan.
 
Penulis dan Foto: BSW
Editor: Rama Agusta
Tag: 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu