• English
  • Bahasa Indonesia

Sampaikan Urgensi Pengelolaan Data Pelanggaran Pemilu, Jajaran Bawaslu Diharap Miliki Catatan Pelanggaran

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi (Datin) Bawaslu Puadi dalam Rapat Kerja Teknis Pengelolaan Data Pelaporan, Kajian dan Tindaklanjut Pelanggaran Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu di Jakarta, Kamis (9/2/2023).
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum– Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi (Datin) Bawaslu Puadi mengatakan pentingnya pengawas pemilu memiliki catatan pelanggaran guna mencegah terjadinya pelanggaran pemilu berulang. Puadi juga menganggap  pelanggaran pemilu yang berulang sebagai salah satu urgensi pengelolaan data pelanggaran Pemilu.
 
“Dengan adanya catatan pelanggaran dapat mencegah terjadinya pelanggaran yang berulang. Itu sekaligus mencegah pelanggaran yang berulang, terutama dengan mencatat setiap pelanggaran terjadi". Hal tersebut diungkap Anggota Bawaslu Puadi dalam Rapat Kerja Teknis Pengelolaan Data Pelaporan, Kajian dan Tindaklanjut Pelanggaran Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu di Jakarta, Kamis (9/2/2023).
 
Mantan Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta tersebut memberi contoh pelanggaran pemilu yang kerap berulang akibat minimnya pengawas pemilu mencatat temuan tersebut, semisal, daerah A memiliki catatan politik uang, maka pihak berwenang dapat memantau aktivitas pelanggar dan mengambil tindakan preventif untuk mencegah pelanggaran yang berulang.
 
Terkait itu, dia meminta kepada jajaran pengampu penanganan pelanggaran Bawaslu untuk mempermudah proses hukum serta dapat membantu proses hukum dengan memberikan bukti yang jelas dan objektif.
 
“Data pelanggaran dapat membantu memudahkan proses persidangan dan data yang digunakan harus jelas dan objektif,” tegas Puadi.
 
Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda menambahkan, faktor digitalisasi sangat penting untuk memudahkan pengelolaan data.
 
“Digitalisasi pendataan penanganan pelanggaran diharapkan dapat membantu meningkatkan koordinasi Bawaslu secara hirarkis” Ujar Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda.Bawaslu Sampaikan Urgensi Pengelolaan Data Pemilu
 
 
 
 
Penulis dan Foto: Jaka Fajar
Editor: Rama Agusta
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu