• English
  • Bahasa Indonesia

Sah, Bawaslu RI Resmikan Kantor Persiapan Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya

Anggota Bawaslu Herwyn Malonda (kenakan kemeja putih) dan Plt Sekjend Bawaslu La Bayoni (kenakan kemeja hitam) saat meresmikan Kantor Persiapan Bawaslu Provinsi Barat Daya, di Sorong, Senin (9/1/2023).

Sorong, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu resmikan Kantor Persiapan Bawaslu Provinsi Barat Daya, Senin (9/1/2023). Kantor tersebut diresmikan oleh Anggota Bawaslu Herwyn J. H Malonda dan disaksikan Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad.

Dalam kesempatan itu, Herwyn berharap agar kantor persiapan Bawaslu Provinsi Barat Daya dapat dijadikan tempat pencari keadilan pemilu. Juga, kata dia, sebagai pusat informasi dan pusat kerja dalam melakukan pengawasan pemilu.

"Bisa saja nanti di kantor ini ada bakal calon anggota dewan perwakilan rakyat daerah yang akan mengadukan atau melaporkan sesuatu terkait dengan proses pencalonan baik karena dirasa tidak sesuai aturan atau karena merasa ada ketidakadilan," ujarnya.

Untuk itu, Herwyn menegaskan agar ketua dan anggota Bawaslu Papua Barat Daya menjalankan tugas sebaik-baiknya agar membuat pemilu sukses dan suasana kondusif. "Mari kita jadikan kantor persiapan ini supaya nyaman," tegasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjend Bawaslu La Bayoni menginformasikan Bawaslu memberikan mandat pelaksana fungsi, tugas, wewenang, dan kewajiban pengawasan tahapan Pemilu 2024 di Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya kepada ketua dan anggota Bawaslu Provinsi Papua Barat. "Saya minta saudara menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad yang turut memberikan dukungan kepada Bawaslu mengatakan menyukseskan pemilu adalah tanggung jawab semua masyarakat, tidak hanya KPU, Bawaslu, dan pemerintah saja.

"Tidak mungkin pemilu bisa dilaksakan jika masyarakat tidak berpartisipasi. Meskipun, cara bertanggung jawabnya berbeda-beda baik KPU, Bawaslu, pemerintah, partai politik, dan masyarakat memiliki tanggung jawab yang berbeda," ujarnya.

Meski berbeda, kata dia, semua menuju pada satu sasaran pemilu harus demokratis, jujur, dan adil. "Pemilu sukses adalah tanggung jawab kita semua," tuturnya.

Penulis/Foto: Robi Ardianto
Editor: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu