• English
  • Bahasa Indonesia

Rakornas Pengawasan Pemilih, Totok Minta Jajaran Lakukan Pengawasan Melekat Data Pemilih

Anggota Bawaslu saat menjadi keynote speaker Rapat Koordinasi Nasional Partisipasi Masyarakat dan Persiapan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih, Sabtu (29/10/2022).

Surabaya, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Totok Hariyono mengajak pengawas pemilu, melakukan pengawasan melekat pada tahapan pemilu, khususnya tahapan pendataan pemilih.

Totok menyampaikan itu dalam Rapat Koordinasi Nasional Partisipasi Masyarakat dan Persiapan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih, Sabtu (29/10/2022).

Dalam mengawasi pemutakhiran data pemilih, Totok melanjutkan, diharapkan pengawas pemilu tidak lagi menemukan data yang seharusnya tidak ada atau tercantum kembali namun masih terdata dalam pendataan.

"Jangan sampai ada data orang meninggal, tetapi masih terdaftar sebagai pemilih. Tugas Bawaslu untuk menjaga kemurnian data pemilih," jelasnya.

Di lain sisi, Totok menerangkan, data pemilih adalah sumber utama dalam pelaksanaan demokrasi. Karena suara pemilih yang akan diubah menjadi kursi untuk para negarawan hasil pemilu.

Sehingga, Bawaslu bisa melakukan pencegahan terhadap potensi pemilih ganda atau nama-nama yang belum berhak untuk memilih sesuai peraturan perundang-undangan.

"Hak pilih harus berkualitas, itu lah tugas Bawaslu. Karena pemilih yang menentukan negarawan hasil pemilu nantinya," pungkasnya.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu