• English
  • Bahasa Indonesia

Rakornas Humas, Lolly Minta Sampaikan Informasi secara Edukatif dan Transformatif

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)dan Anugerah Kehumasan Tahun 2023 yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (22/11/2023).
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)dan Anugerah Kehumasan Tahun 2023, Anggota Bawaslu Lolly Suhenty meminta peran hubungan masyarakat (humas) tampil ke depan dalam menyampaikan informasi secara edukatif dan transformatif. Menurutnya kerja humas bukan hanya cepat, melainkan butuh ketepatan dalam memberikan informasi. 
 
"Peran humas sedang diuji, dipertaruhkan untuk dapat tampil di depan menjadi teras penjaga keadilan pemilu. Memastikan humas bukan sekadar tukang foto, tukang posting, dan memastikan humas bukan hanya orang yang ada di belakang," jelasnya saat memberikan sambutan dalam acara yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (22/11/2023). 
 
Dia menegaskan, dalam 83 hari menuju hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024, jajaran pengawas pemilu perlu bekerja keras. "83 hari ini ibarat mengencangkan ikat pinggang untuk memastikan kerja-kerja kita tak ada yang tercecer (tertinggal)," katanya. 
 
Srikandi pengawasan pemilu itu pun meminta humas Bawaslu menyebarluaskan seluruh informasi secara edukatif dan transformatif kepada masyarakat luas. 'Publik perlu diberikan edukasi karena tidak semua yang viral itu benar. Tetapi, kerja Bawaslu tidak boleh asal cepat. Harus bisa cepat dan sekaligus tepat," imbuh dia. 
 
Dirinya mencontohkan saat ini banyak viral banyak di akun medsos (media sosial) khususnya dalam dugaan pelanggaran pemilu. "Mulai dari suara di akun adanya dugaan-dugaan yang kemudian menjadi viral, maka humas jangan ragu menyampaikan ke publik. Kita sedang diuji dengan citra sebagai wasit penilu yang  dipertanyakan integrirasnya. Kita sedang diuji dengan keberanian ada atau tidak di Bawaslu. Ini yang perlu diperhatikan," imbuh dia. 
 
Selain itu, dia menekankan pentingnya koordinasi humas Bawaslu daerah hingga tingkat pusat. "Rumus kedua, jangan lambat meneruskan informasi yang ada di bawah. (Bawaslu) Kabupaten/Kota perlu memastikan informasi cepat terhadap segala hal. Kalau bisa ada laporn perhari. 
Kita kerjanya terkoordinasi ya!," seru mantan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat tersebut. 
 
Editor: Rama Agusta
Fotografer: Jaa Rizka Pradana
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu