• English
  • Bahasa Indonesia

Presiden Jokowi Minta Pemilu 2024 Terpercaya, Bawaslu-DKPP-KPU Deklarasikan Pemilu Berintegritas

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Ketua DKPP Heddy Lugito, dan Ketua KPU Hasyim Asy'ari menandatangani deklarasi pemilu berintegritas dalam Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Penyelenggara Pemilu pada Rabu (8/11/2023). Rakornas yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, turut berpesan kepada seluruh penyelenggara pemilu untuk menciptakan Pemilu 2024 yang terpercaya dan terlegitimasi.




Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Ketua DKPP Heddy Lugito, dan Ketua KPU Hasyim Asy'ari menandatangani deklarasi pemilu berintegritas dalam Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Penyelenggara Pemilu. Rakornas yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, turut berpesan kepada seluruh penyelenggara pemilu untuk menciptakan Pemilu 2024 yang terpercaya dan terlegitimasi.

Naskah deklarasi kemudian dibacakan oleh seluruh peserta Rakornas sejumlah 1.408 penyelenggara pemilu yang terdiri dari tiga unsur; Bawaslu, KPU, dan Tim Pemeriksa Daerah (TPD) DKPP. Adapun jumlah peserta rakornas terdiri dari 76 ketua dan sekretaris KPU-Bawaslu tingkat provinsi dari 38 provinsi, ketua KPU-Bawaslu kab/kota 514, ditambah anggota TPD DKPP jumlahnya 228.

Dalam sambutan Presiden Jokowi mengatakan Pemilu 2024 ini merupakan pesta demokrasi terbesar yang pernah diselenggrakan bangsa Indonesia.

"Kalau kita bisa bayangkan dari Aceh sampai Papua, dari seluruh provinsi sampai kab/kota, ada 840 ribuan TPS. Betapa ini sebuah pesta demokrasi besar," sebut dia saat membuka Rakornas yang digelar pada Rabu (8/11/2023).

Presiden mengungkapkan tantangan Pemilu 2024 juga besar, baik mengenai tata kelola pemilu akuntabel, berintegritas, mekanisme distribusi, serta mekanisme pengamananannya. Maka dari itu, dia meminta seluruh penyelenggara pemilu untuk mewujudkan kontestasi berkualitas, damai, sejuk, kontestasi tanpa hoaks, dan kontestasi tanpa ujaran kebencian sehingga nanti bisa menghasilkan solusi yang dihadapi bangsa.

"Tentu saja proses dan hasil (Pemilu 2024) harus terlegitimed dan terpercaya. Terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh penyelenggara pemilu yang telah bekerja keras untuk melaksanakan setiap tahapan Pemilu 2024, baik KPU, Bawaslu, dan DKPP,” imbuh presiden.

Selaku penyelenggara Rakornas, Ketua DKPP Heddy menyampaikan Rakornas dimaksudkan untuk menyatukan langkah penyelenggara pemilu dalam pelaksanaan tugas, wewengan dan kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan. Selain itu, lanjut dia, Rakornas juga untuk memegang teguh kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu, mengingat KPU Bawaslu dan DKPP adalah satu kesatuan penyelenggara pemilu yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing.

Berikut isi Deklarasi Pemilu Berintegritas:
Kami penyelenggara pemilu tahun 2024 berjanji;
1. Menjaga integritas kehormatan, kemandirian, dan kredibilitas penyelenggara pemilu demi mewujudkan pemilu yang demokratis

2. Melaksanakan tugas kewenangan dan kewajiban sebagai penyelenggara pemilu berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip kode etik, serta pedoman perilaku penyelenggara pemilu

Editor: Bhakti
Foto: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu