• English
  • Bahasa Indonesia

Permudah Layanan Informasi Saat Tahapan, Puadi Harap Bawaslu Punya DIP Kepemiluan

Anggota Bawaslu Puadi mengatakan Bawaslu sebaiknya segera memiliki daftar informasi publik (DIP) kepemiluan guna sebagai panduan Bawaslu untuk melayani informasi pada masa tahapan Pemilu. Hal ini dirasanya penting untuk memaksimalkan kerja-kerja Bawaslu.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Puadi mengatakan Bawaslu sebaiknya segera memiliki daftar informasi publik (DIP) kepemiluan sebagai panduan Bawaslu untuk melayani informasi pada masa tahapan Pemilu. Dia menilai hal ini penting untuk memaksimalkan kerja Bawaslu.

Puadi menambahkan DIP Kepemiluan dapat membantu Bawaslu baik Pusat, Bawaslu Provinsi hingga Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mencegah dan mengantisipasi sengketa informasi yang kemungkinan bisa terjadi.

"Bawaslu sebaiknya memiliki DIP kepemiluan. Untuk mengantisipasi potensi maraknya permohonan informasi pada masa seleksi dan tahapan," jelasnya secara daring, Jumat (24/6/2022).

Acuan DIP Kepemiluan adalah Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2019 tentang Standar Layanan Dan Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Pemilu Dan Pemilihan. Melalui aturan ini, Puadi berharap Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota mengerti akan mekanisme perolehan standar layanan informasi pemilu dan non-pemilu.

Sebab, menurutnya prinsip keterbukaan informasi dapat mendorong terwujudnya pengawasan pemilu yang baik yaitu transparan, efektif dan efisien. Dia berpandangan penguatan akuntabilitas bisa menjaga profesionalitas dan integritas penyelenggara pemilu.

"Keterbukaan informasi yang baik diharapkan berdampak positif untuk mendorong antusiasme masyarakat, yang ikut secara aktif mengawasi jalannya pemilihan dan melaporkan indikasi atau dugaan pelanggaran kepada Bawaslu," tuturnya.

Penulis/Foto : Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu