• English
  • Bahasa Indonesia

Percepat Perbawaslu Pengawasan Partisipatif, Totok: Utamakan Pencegahan

Anggota Bawaslu Totok Hariyono mendorong penyelesaian Perbawaslu tentang Pengawasan Partisipatif, Pengawasan VerifikasiPolitik, dan Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan dipercepat. Pasalnya, tahapan verifikasi administrasi partai politik sudah berjalan.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Totok Hariyono mendorong penyelesaian Perbawaslu tentang Pengawasan Partisipatif, Pengawasan VerifikasiPolitik, dan Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan dipercepat. Pasalnya, tahapan verifikasi administrasi partai politik sudah berjalan.

Totok melihat fokus perbawaslu ini akan mengutamakan pencegahan dalam pengawasan tahapan Pemilu 2024. Sehingga, jelas Totok, pengawasan akan dilakukan di semua divisi Bawaslu tidak lagi diampu satu divisi saja.

"Bawaslu yang sekarang kita utamakan pencegahan, pengawasan akan jadi milik bersama tidak lagi satu divisi. Mindset kita harus diubah menjadi mindset kelembagaan," jelasnya di Jakarta, Kamis (4/8/2022) malam.

Putra asli Malang itu berpandangan visi pengawasan adalah visi seluruh divisi yang akan dikoordinir langsung oleh Ketua Bawaslu RI. Setelah itu, Totok menyampaikan Ketua Bawaslu akan membuat Surat Keputusan (SK) Pengawasan pertahapan yang nantinya akan ditentukan juga leading sectornya.

"Saya harap Pengawasan Partisipatif akan dibentuk dengan model yang baru. Itu kenapa pengawasan jadi pencegahan, visi kompartemen jadi kelembagaan," kata Totok.

Ke depannya, Totok menyampaikan ada sekitar 22 Perbawaslu yang perlu dikejar penyelesaiannya sehingga dia meminta agar Bawaslu tetap fokus. Dengan harapan, tambahnya, pengawasan akan menjadi lebih baik dengan pola pikir yang lebih fresh.

Penulis/Foto : Reyn Gloria

Tag: 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu