• English
  • Bahasa Indonesia

Peran Pemilih Pemula Sangat Penting Dalam Berdemokrasi

Depok, Badan Pengawas Pemilu – Pemilih muda merupakan generasi baru pemilih yang memiliki sifat, karakter, latar belakang, pengalaman, dan tantangan yang berbeda dengan para pemilih di generasi sebelumnya. Mereka sangat terbuka untuk mempelajari hal-hal yang baru, kritis, dan juga mandiri.
Atas dasar itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia yang bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Kota Depok menggelar Rock The Vote Indonesia di Taman Lingkar Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, Depok, Minggu (1/11).
Acara yang mengusung tema ‘’Anak Muda Peduli Pilkada” ini dibuka oleh Presiden Direktur Center for Election and Political Party (CEPP), Chusnul Mar’iyah, serta menghadirkan Ketua Bawaslu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Muhammad, Ketua KPU Kota Depok Titik Nurhayati, Ketua DPRD Depok Hendrik Tangke Alo selaku pembicara.
Hadir pula pada kesempatan ini calon Walikota dan Wakil Walikota Depok nomor urut satu Dimas Oki Nugroho - Babai Suhaemi, dan perwakilan dari calon nomor urut dua, yang akan bertarung pada 9 Desember mendatang untuk memimpin Kota Depok 5 tahun kedepan.
Dihadapan ratusan mahasiswa dan pelajar dari berbagai sekolah menengah atas Kota Depok selaku pemilih pemula, Ketua Bawaslu Muhammad mengatakan bahwa peran mahasiswa dan pelajar sangat luar biasa dalam berdemokrasi. Menurutnya, mahasiswa dan pelajar selaku pemilih pemula bisa meruntuhkan rezim orde baru dalam berpemilu/pilkada.
Muhammad juga mengapresiasi CEPP dan FISIP UI serta KPU Kota Depok yang kembali menegaskan pentingnya peran mahasiswa dan pelajar selaku pemilih pemula dalam Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Ia berharap dengan diadakannya acara ini dapat menyadarkan para pemilih pemula (Pelajar dan Mahasiswa) akan pentingnya untuk ikut serta menyukseskan gelaran pilkada serentak nanti.
Sementara itu Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangko Alo mengajak semua pemilih pemula yang akan memberikan hak suaranya pada Pilkada Kota Depok nanti untuk tidak Golongan Putih (Golput). Ia menegaskan bahwa orang yang Golput tanda ciri orang yang tidak ingin Pilkada ini sukses.
Gerakan Rock The Vote Indonesia adalah gerakan pendidikan pemilih muda dibawah naungan Center for Election and Political Party University Link yang berjejaring di 45 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. Rock the vote merupakan gerakan pendidikan pemilih muda yang bersifat internasional.
Penulis: Irwan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu