• English
  • Bahasa Indonesia

Pengawas Pemilu Harus Fokus Identifikasi Politik Uang

Pimpinan Bawaslu RI Daniel Zuchron memberikan pengarahan di hadapan peserta pengawas Pemilu dalam acara Bimbingan Teknis Pemungutan, Penghitungan, Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pilkada 2017 di Hotel Novotel Manado. Foto: Humas Bawaslu RI-Nurisman.

Manado, Badan Pengawas Pemilu Pimpinan Bawaslu RI Daniel Zuchron mengatakan jajaran pengawas Pemilu harus fokus mengidentifikasi adanya dugaan pelanggaran politik uang pada Pilkada 2017 nanti. Hal ini  menyusul adanya kewenangan baru yang diberikan kepada jajaran pengawas Pemilu untuk menangani pelanggaran politik uang yang bersifat terstruktur, sistematis, dan masif berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

 

Daniel memprediksi akan ada persoalan baru dalam pelaksanaan Pilkada 2017. Pasalnya, dalam Pilkada serentak tahap kedua ini digelar di daerah-daerah yang tingkat kerawanannya tinggi sehingga berpotensi untuk melakukan politik uang.

 

“Politik uang akan banyak terjadi di daerah yang tidak cukup ramai. Di 2017 nanti, banyak daerah yang berpotensi terdapat pelanggaran ini. Pengawas Pemilu harus sigap,” ujar Daniel saat mengisi materi pada kegiatan Bimbingan Teknis Pemungutan, Penghitungan, Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pilkada 2017 di Hotel Novotel Manado Sulawesi Utara, Kamis (15/12).

 

Daniel meminta, pengawas pemilu harus berupaya keras menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan dan prosedur yang ada.  Pengawas harus mampu menegakkan integritas selaku penyelenggara Pemilu.

 

“Tujuan kita bersama adalah mewujudkan proses pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara dapat berjalan sesuai dengan konstitusi. Warga Indonesia yang terdaftar sebagai pemilih bisa dipastikan  hak pilihnya  dalam Pilkada 2017 dan menggunakan hak pilihnya tanpa dipengaruhi oleh politik uang,” pungkasnya.

 

Penulis/Foto: Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu