• English
  • Bahasa Indonesia

Muhammad: Regulasi Pemilu Harus Tegas Seleksi Calon

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Bawaslu RI Prof Muhammad menilai, aturan mengenai Pilkada sekarang ini sudah semakin baik. Namun ia berharap ke depannya, aturan mengenai seleksi calon yang akan menjadi peserta pemilihan dapat lebih dipertegas.

Hal itu dikatakan Muhammad dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pilkada Serentak 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (31/1). Menurut dia Undang-Undang  Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada sudah sangat progresif ketimbang aturan sebelumnya.

Sekarang ini, lanjut dia, sudah lebih tegas dan jelas. Dulu pengaturan antara politik uang dan biaya politik antara kampanye dan sosialisasi tidak jelas.

Namun, saat ini hal yang perlu diperbaiki, kata Muhammad adalah calon yang terindikasi kasus hukum. Selaku pengawas pemilu, lembaga ini merasa bersalah terhadap masyarakat apabila ada calon yang belum apa-apa sudah berurusan dengan hukum. 

“Ke depan, saya harap tidak ada lagi toleransi bagi calon dengan status hukum. Mudah-mudahan aturannya bisa lebih tegas,” tambah Guru Besar Unhas Makassar itu.

Selain itu, Muhammad juga menegaskan Bawaslu telah mengevaluasi dua pemilihan nasional (Pileg dan Pilpres 2014), dan Pilkada serentak pada gelombang pertama 2015 lalu. Bawaslu sangat mengharapkan regulasi yang sudah sangat baik dapat ditaati bersama dengan baik. Menurutnya, ada peserta Pemilu yang tidak membaca regulasi terkait Pemilu padahal menjadi peserta yang terlibat dalam Pemilu.

“Banyak yang peserta Pemilu yang meminta tim suksesnya yang mempelajari aturan Pemilu. Harusnya peserta yang lebih paham,” pungkasnya.

Ia juga mengapresiasi atas upaya yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka mempertemukan para pemangku kepentingan di Pilkada 2017. Muhammad menilai, kegiatan ini diselenggarakan untuk konsolidasi dan mempersatukan hati agar Pilkada berjalan lancar dan aman nantinya.

                               

 

Penulis/Foto: Hamid/Nurisman

Editor: Pratiwi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu