• English
  • Bahasa Indonesia

Masuk Zona Merah, Pj Bupati Yakin Pilkada Soppeng Kondusif

Soppeng, Badan Pengawas Pemilu - Penjabat (Pj) Bupati Soppeng Tautoto Tana Ranggina yakin bahwa Pilkada Soppeng akan berlangsung aman dan kondusif. Bahkan ia juga yakin Pilkada kali ini tidak akan berakhir di Mahkamah Konstitusi.

"Saya yakin Pilkada di Soppeng aman dan terkendali. Kami melakukan segala hal agar tidak terjadi kerawanan seperti yang dikhawatirkan oleh banyak pihak. Kalau ke MK, saya yakni tidak," tutur Tautoto, saat menemui Ketua Bawaslu Muhammad, di Kediamannya, Soppeng, Rabu (9/12).

Bahkan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan terburuk, mantan Kepala Kesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan itu, mengatakan bahwa pihak keamanan di Soppeng sudah mendapatkan bantuan aparat keamanan dari unsur pasukan khusus TNI, seperti Marinir dan Kopaskhas. Selain itu, koordinasi intensif juga terus dilakukan oleh Pj Bupati untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kabupaten Soppeng menjadi salah satu daerah zona merah Pilkada di Sulawesi Selatan, selain Kabupaten Gowa, menurut intelijen, karena hanya ada dua pasangan calon dan keduanya merupakan calon yang relatif kuat.

Ketua Bawaslu Muhammad yang hadir langsung di kabupaten ini, mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh Penjabat Bupati agar tidak terjadi masalah yang berarti ekses Pilkada. Ia berjanji, jika tidak terjadi masalah di Soppeng maka akan dikampanyekan bahwa Pilkada di Soppeng patut dicontoh.

"Saya kaget, BIN menyatakan Soppeng daerah rawan Pilkada. Saya hadir ke sini untuk membuktikan bahwa penilaian tersebut salah. Pilkada Soppeng akan kita kampanyekan ke Menteri Dalam Negeri, jika berhasil melaksanakan Pilkada dengan aman dan kondusif," katanya.

Muhammad juga mengapresiasi jajaran Kepolisian dan TNI yang siap siaga dalam menjaga kondusifitas di kabupaten tersebut. Ia juga meminta, agar aparat keamanan menertibkan pihak-pihak yang melakukan konvoi karena bisa memicu ketegangan antara pendukung calon.

"Sebaiknya dilarang saja konvoi, karena khawatir akan picu konflik. Kita ikuti instruksi Presiden, bahwa yang menang jangan sombong dan yang kalah jangan mengamuk," pungkasnya.

 

Penulis                               : Falcao Silaban/Muhtar

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu