• English
  • Bahasa Indonesia

Mahasiswa Unhas Antusias Kunjungi Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Mahasiswa sebagai agen perubahan dipandang Bawaslu perlu dibekali pendidikan politik yang bisa menularkan ke lingkungan di sekitarnya. Dalam kunjungannya ke Bawaslu, Senin (23/5), sebanyak 28 mahasiswa didampingi satu dosen pembimbing dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar diberi pengetahuan terkait proses Pemilu di Indonesia.

 

Disambut langsung oleh Pimpinan Bawaslu Nelson Simanjuntak, para mahasiswa yang mengenakan almamater merah ini tampak antusias mengunjungi Bawaslu. Hal tersebut terlihat dari diskusi yang aktif antara mahasiswa dengan Pimpinan Bawaslu.

 

Melihat hal tersebut, Nelson memberikan apresiasi kehadiran mahasiswa yang mau belajar lebih dalam mengenai Pemilu, khususnya pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu. Menurut Nelson, maju atau tidaknya bangsa ini di masa yang akan datang, ada di tangan para pemuda.

 

“Kalian lah yang akan melanjutkan perjuangan pemimpin-pemimpin masa sekarang. Bangga melihat mahasiswa yang mampu berpikir cerdas dan kritis dalam menanggapi persoalan di negeri ini,” ujar Nelson.

 

Dalam paparannya, Nelson menjelaskan tugas dan kewenangan Bawaslu dalam mengawal Pemilu. Ia juga mengatakan, ada empat komponen yang perlu dipahami oleh para mahasiswa agar dapat mewujudkan Pemilu yang demokratis.

 

“Empat komponen tersebut yakni kredibilitas partai politik, netralitas penyelenggara Pemilu, pemilih yang cerdas, dan kerangka hukum yang baik,” katanya.

 

Nelson juga menegaskan, Pemilu merupakan syarat sebuah negara demokrasi. Dan Pemilu harus dilakukan secara demokratis artinya dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

Dosen pembimbing Unhas Jayadi mengungkapkan rasa terima kasih kepada Bawaslu yang telah menerima kunjungan para mahasiswa ini. Ia turut memberikan apresiasi Bawaslu yang telah berhasil mengawasi jalannya Pemilu.

 

Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa ini juga diberikan buku karangan Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro yang berjudul Pengawasan Pemilu Partisipatif: Gerakan Masyarakat Sipil Untuk Demokrasi Indonesia.

 

Penulis/Foto: Pratiwi/Muhtar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu