• English
  • Bahasa Indonesia

Luncurkan SIPS 3.0, Bawaslu Siap Layani Data Penyelesaian Sengketa Secara Transparan

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat membuka meluncurkan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) versi 3.0 dalam rangka meningkatkan aksesibilitas layanan penyelesaian sengketa proses pemilu melalui sistem informasi dan teknologi, Kamis (10/11/2022).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu meluncurkan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) versi 3.0 dalam rangka meningkatkan aksesibilitas layanan penyelesaian sengketa proses pemilu melalui sistem informasi dan teknologi. Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menyatakan Bawaslu siap melayani permohonan data secara transparan.

Bahkan Bagja menyatakan SIPS versi 3.0 ini, menjawab permohonan online secara lebih cepat, dan aman. Sehingga, tambah dia, Bawaslu dapat menjadi tempat pertama jika masyarakat, partai politik (parpol), pemangku kepentingan jika ingin mengetahui putusan yang telah ada bahkan terbaru sekalipun

"Semua bisa mengakses putusan kami dari tahun 2014 hingga saat ini, bahkan sudah mulai ada di situs sips.bawaslu.go.id. Kita sajikan secara lengkap dan tranparan," jelasnya saat membuka acara di Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Bagja pun berharap SIPS versi terbaru ini dapat menjadi rujukan akademis karena seluruh putusan penyelesaian sengketa bisa diakses secara online oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Dia bahkan menyatakan Bawaslu akan terus menjamin hak pilih masyarakat dapat diberikan dan hak parpol dapat dipilih secara aman oleh masyarakat.

"Ya saya tahu, Bawaslu mungkin was was dalam mengawasi ke depan tapi tetap positif insyaallah bangsa ini dapat menegakkan demokrasi dengan semakin majunya cara Bawaslu mengawasi," jelasnya.

Pelaksana Tugas Harian (Plh) Sekretaris Jenderal Bawaslu La Bayoni pun berharap SIPS dapat menjadi salah satu terobosan dalam upaya transformasi pelayanan publik. Dengan tujuan, memberikan pelayanan prima untuk parpol, pasangan calon (paslon), pemantau pemilu dan seluruh rakyat Indonesia.

"Bank data putusan dari Pemilu 2014 hingga Pemilihan 2020, grafik data jumlah penyelesaian sengketa,fitur pengarsipan dokumen penyelesaian sengketa pada semua tingkatan Bawaslu.Peningkatan Keamanan data pada sistem menjadi pembeda versi 3.0 dengan versi-versi sebelumnya," jelas La Bayoni.

Tidak hanya itu, dia menjelaskan dengan SIPS 3.0 pemohon dapat mengajukan permohonan penyelesaian sengketa online secara lebih cepat dan ringkas, melakukan tracking terhadap pengajuan permohonan penyelesaian sengketa yang diajukan, mulai dari pendaftaran, jadwal persidangan, hingga penyampaian putusan.

"Semuanya dapat diketahui secara real time dan sudah terkoneksi secara langsung melalui email pemberitahuan yang didaftarkan oleh Pemohon," katanya menerangkan.

Acara ini pun dihadiri Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda, Anggota Bawaslu Totok Hariyono, Mantan Anggota Bawaslu Periode 2017-2022 Fritz Edward Siregar, Anggota DKPP RI Ratna Dewi Pettalolo, pihak Kehakiman, Kemendagri, Kemenpolhukam, KPU, Polri/TNI, Sekretariat Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia, partai politik, pemantau pemilu, organisasi masyarakat, organisasi advokat, Pers Indonesia,

Penulis: Reyn Gloria
Foto: Irwan
Editor: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu