• English
  • Bahasa Indonesia

KPU Tetapkan Presiden dan Wapres Terpilih

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menetapkan calon presiden dan wakil presiden terpilih setelah menyelesaikan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 untuk Pemilihan Luar Negeri dan 33 Provinsi di Indonesia, Selasa (22/7) malam.

“Menetapkan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden H. Prabowo Subianto dan H.M. Hatta mendapatkan jumlah suara sebesar 62.576.444 atau persentase 46,85 persen. Sedangkan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Drs. H.M. Jusuf Kalla mendapatkan jumlah suara sebesar 70.997.833 atau persentase 53,15 persen,” ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik, saat membacakan perolehan masing-masing Capres dan Cawapres.

Husni menambahkan, hasil rekapitulasi penghitungan suara antara pasangan calon presiden dan wakil presiden sebesar 8.421.389 suara. Total suara sah dalam Pilpres 2014 ini adalah sejumlah 133.574.277 suara dan jumlah suara tidak sah sebesar 1.379.690 suara. Total keseluruhan 134.953.967 suara.

Dengan hasil tersebut maka, Pasangan Calon Nomor Urut 2 (dua) Ir. H. Joko Widodo dan Drs. H.M. Jusuf Kalla juga ditetapkan menjadi Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Husni juga menambahkan bahwa, KPU telah bekerja maksimal dalam rangka menyelenggarakan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014. KPU juga berterimakasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang antusias untuk memberikan hak pilihnya pada 9 Juli lalu.

“Tidak sekedar memberikan hak pilih. Masyarakat juga antusias untuk mengawal proses penghitungan suara hingga tingkat nasional. Kami apresiasi masyarakat atas partisipasinya,” ungkap Husni.

Selain itu, Husni juga memberikan apresiasi terhadap kinerja lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan jajarannya yang telah bekerja keras bersama KPU untuk menyukseskan Pilpres 2014. Bahkan ia menyebut, kesuksesan Pilpres adalah andil besar dari Bawaslu dan jajarannya.

Hasil Lengkapnya silakan lihat http://bawaslu.go.id/press-release/hasil-rekapitulasi-perolehan-suara-pemilu-presiden-dan-wakil-presiden-tahun-2014

Penulis           : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu