• English
  • Bahasa Indonesia

Khataman Ngabuburit Pengawasan, Lolly: Perempuan Harus Dilibatkan Dalam Pemilu, Bukan Hanya Penonton

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat membuka kegiatan Khataman Ngabuburit Pengawasan di Jakarta, Jumat, (15/4/2023).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Perempuan harus dilibatkan dalam setiap tahapan pemilu. Baik sebagai penyelenggara pemilu, pemantau maupun peserta pemilu. Begitulah kira-kira apa yang disampaikan Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat membuka kegiatan Khataman Ngabuburit Pengawasan di Jakarta, Jumat, (15/4/2023).

Pasalnya ungkap srikandi pengawas pemilu tersebut, perempuan dan laki-laki memiliki hak yang sama dalam kontestasi.

"Ayo perempuan harus terlibat lebih dalam. Jangan hanya menjadi penonton atau hanya menyalurkan hak suaranya saja," ajak Lolly.

Lolly menilai, keterlibatan pemantau perempuan dalam pesta demokrasi masih kurang. Terlihat dari jumlah partisipasi pemantau yang belum banyak. Maka ia mengajak kepada seluruh masyarakat atau organisasi yang belum memiliki badan hukum bisa mendaftar sebagai pemantau pemilu di Bawaslu.

"Silakan mendaftar. Bisa dengan surat keterangan dari pemerintah setempat. Semakin banyak yang mendaftar akan semakin baik kualitas pengawasan saat pemilihan. Mari bergabung dengan kami," terangnya.

Anggota Bawaslu provinsi Jawa Barat periode 2018-2022 ini menambahkan, meski bertema khataman, bukan berarti rangkaian kegiatan pengawasan telah usai. Pasca Idul Fitri, forum warga pengawasan partisipatif tetap berjalan seperti biasa. Mengajak masyarakat untuk aktif terlibat melakukan pengawasan bersama Bawaslu.

"Forum warga akan terus bergulir. Ini sebagai salah satu upaya Bawaslu agar koneksi dengan masyarakat terus nyambung. Tidak putus atau dimulai saat mendekati pemungutan suara saja," ungkapnya.

Penulis: Hendi Purnawan
Editor: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu