• English
  • Bahasa Indonesia

Ketua Bawaslu: Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Paling Rawan

Soppeng, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Muhammad mengatakan bahwa proses rekapitulasi hasil penghitungan suara berdasarkan pengalaman paling rawan dimanipulasi. Oleh karena itu, semua saksi atau tim sukses paslon dan Panwascam harus benar-benar mencermati pelaksanaannya.

Demikian disampaikan Muhammad, saat melakukan kunjungan ke kantor KPU Kabupaten Soppeng, Rabu (9/12) siang dalam rangka mengecek hasil pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Soppeng dan persiapan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan.

"Penting bagi penyelenggara Pilkada untuk mempersiapkan diri, agar pada rekap nanti tidak ada kecurangan yang bisa mengakibatkan manipulasi hasil perolehan suara," tutur Muhammad.
 

Ia juga mengatakan bahwa sebaiknya KPU Kabupaten Soppeng, khususnya jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi pada saat itu juga. Jangan sampai ada keberatan dan masukan dari saksi maupun pengawas pemilihan tidak ditindaklanjuti dan diserahkan ke tingkatan yang lebih tinggi. "Lebih baik ada diskusi yang alot di setiap tingkatan, tapi masalah dapat diselesaikan," tambahnya.

Untuk informasi, rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan di Kabupaten Soppeng rencananya dilaksanakan pada Jumat (11/12). Seluruh kotak suara, dijanjikan akan terkumpul secara keseluruhan pada Rabu (9/12) malam.

"Harus diperhatikan keamanannya. Untuk daerah terjauh bagaimana? Harus diperhatikan juga pengawalannya," tambah Muhammad.

Pada saat rekapitulasi, ia juga menghimbau agar Pengawas TPS dan PPL dihadirkan. Ini untuk mengantisipasi jika ada catatan di berita acara oleh saksi paslon, maka akan lebih valid jika dapat dijelaskan oleh PPL dan Pengawas TPS di tempat masalah itu berasal.

Pilkada Kabupaten Soppeng diikuti oleh dua pasangan calon yakni Lutfi Halide-Andi Zulkarnain Soetomo dan Andi Kaswadi Razak-Supriansa Mannahau. Muhammad melaksanakan supervisi langsung ke Kabupaten Soppeng, karena ada potensi terjadi masalah, karena selain bertarung secara head to head, paslon juga memiliki massa pendukung yang cukup seimbang.

 

Penulis                               : Falcao Silaban

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu