• English
  • Bahasa Indonesia

Ketua Bawaslu Awasi TKD CPNS Bawaslu RI di Manado

Manado, Bawaslu - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) Muhammad melakukan pengawasan langsung pelaksanaan Test Kompetensi Dasar (TKD) dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bawaslu RI Tahun 2014 di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (24/10).

Pelaksanaan seleksi CNPS Bawaslu RI Tahun 2014 di Manado ini bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Departemen Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara yang menyediakan aplikasi CAT UKG. Sebanyak 21 orang peserta dari 30 orang yang lulus seleksi administrasi mengikuti seleksi CPNS Bawaslu RI di SMA Negeri 7 Manado dengan menyelesaikan 100 soal TKD dalam waktu 90 menit dan dimulai pada pukul 13.00 WITA.

Dalam sambutannya kepada peserta TKD CPNS sebelum pelaksanaan test dimulai, Ketua Bawaslu Muhammad mengatakan bahwa test ini  berlangsung sangat jujur, sangat fair, tidak ada istilah ‘ketebelece’.

“Kita menggunakan sistem gugur. Test yang sekarang saudara ikuti dikoordinir oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi. Nanti siapa siapa saja yang lolos di sistem ini baru masuk ke tes yang dilakukan oleh Bawaslu,” terangnya.

Ketua Bawaslu juga memastikan bahwa tidak ada satupun yang bisa lolos  dengan menggunakan cara-cara diluar ketentuan.

“Lebih bagus anda berdoa sebentar sesuai agama dan keyakinan, konsentrasi mengerjakan soal dan saya pastikan siapa yang memenuhi syarat itulah yang kemudian berhak untuk lolos. Memang yang punya kesiapan yang baik mampu menjawab soal yang harus diberi kesempatan. Kalau kesempatan tahun ini anda belum berhasil, jangan berkecil hati. Mungkin anda perlu persiapan lebih baik lagi dan anda masih muda-muda, ada peluang tahun depan ada waktu untuk mempersiapkan diri lebih baik,” katanya.

Sebelumnya Koordinator UKG LPMP Sulawesi Utara yang sekaligus juga menjadi Koordinator CAT Panselnas UKG di Sulawesi Utara, Febry HJ Dien mengatakan bahwa proses seleksi ini dijamin berlangsung transparan, akuntabel dan objektif karena dilaksanakan dengan sistem aplikasi komputer dan peserta sudah bisa langsung melihat hasilnya.

Tim Supervisi Seleksi CPNS Bawaslu RI wilayah Sulawesi Utara yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu RI, Muhammad, Kepala Biro Hukum, Humas dan Pengawasan Internal,  Jajang Abdullah, Tim Asistensi Bawaslu Novance Silitonga melakukan pendampingan terhadap Panitia Lokal Seleksi CPNS Bawaslu RI masing-masing Pimpinan Bawaslu Sulut, Johnny AA Suak dan Syamsurizal Musa, Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut, Herry Z. Mawuntu, serta Kepala Sub Bagian Hukum Muhammad Ibrahim.

Penulis            : Christina Kartikawati

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu