• English
  • Bahasa Indonesia

Ketua Bawaslu Apresiasi Sentra Gakkumdu Sulteng

Palu, Bawaslu – Ketua Bawaslu, Muhammad mengapresiasi kinerja dan koordinasi  jajaran Sentra Gakkumdu (Sentra Penegakkan Hukum Terpadu) Sulawesi Tengah (Sulteng) karena telah berhasil mengawal proses Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Tahun 2014.

Hal tersebut dikatakan Ketua Bawaslu, Muhammad  saat menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Evaluasi Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) se-Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2014, di Palu, Kamis (4/9). Hadir  dalam rakor ini, Ketua Bawaslu Provinsi Sulteng, Ratna Dewi Pettalolo, Anggota Bawaslu Sulteng, Asrifai dan Zaidul Bahri Mokoagow dan peserta dari Polda, Kejati dan Pengawas Pemilu Sulteng.

“Kita patut syukuri dan ini atas kinerja dan koordinasi yang baik dari teman-teman di Sulawesi Tengah (Pengawas Pemilu, Polda dan Kejati) di Sentra Gakkumdu,” ujar Muhammad.

Selanjutnya Ketua Bawaslu, Muhammad menjelaskan bahwa sejak awal Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan menyusun Sentra Gakkumdu (MoU ditandatangani Ketua Bawaslu, Muhammad, Kapolri, Timur Pradopo, Jaksa Agung, Basrief Arief-red) yang disusun secara berjenjang sampai ke tingkat pusat, tidak sedikitpun ada niat untuk menjadikan Gakkumdu ini sebagai instrumen untuk mencari-cari kesalahan peserta Pemilu.

“Filosofinya Gakkumdu itu tidak untuk menghukum. Kita tidak mencari kesalahan caleg atau capres dan seterusnya, tetapi semata-mata tujuan Gakkumdu adalah memastikan Pemilu Legislatifdan Pemilu Presiden berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Yang benar harus dihargai, yang curang harus diberi penindakan hukum,” tegasnya.

 

Penulis                 : Christina Kartikawati

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu