• English
  • Bahasa Indonesia

Jelang Masa Tenang, Lolly Imbau Peserta Pemilu Tertibkan APK secara Mandiri

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat menjadi Pembina Apel Siaga dan Patroli Pengawasan Pemilu 2024 di Ternate, Maluku Utara, Jumat (9/2/2024).

Ternate, Badan Pengawasan Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengimbau peserta pemilu menertibkan alat peraga kampanye (APK) secara mandiri seusai masa kampanye usai. Dia mengingatkan terakhir masa kampanye yaitu pada 10 Februari 2023, setelahnya  merupakan masa tenang.

"Besok, 10 Februari 2024 merupakan hari terakhir masa kampanye yang artinya proses penertiban APK harus sudah berjalan. Kepada seluruh partai politik peserta pemilu mari bersama-sama secara mandiri melakukan penertiban APK," ujarnya saat menjadi Pembina Apel Siaga dan Patroli Pengawasan Pemilu 2024 di Ternate, Maluku Utara, Jumat (9/2/2024). 

Srikandi pengawasan itu menjelaskan, jika penertiban APK dilakukan oleh jajaran pengawas pemilu bersama pemerintah daerah (Satpol PP), maka alat peraga tersebut tidak bisa lagi digunakan. Pasalnya, kata dia, APK tersebut bisa dipakai kembali saat pilkada mendatang. 

"Jika yang menertibkan APK jajaran pengawas pemilu bersama Satpol PP dari unsur pemerintah daerah, KPU dan Dishub yang bergerak alat peraga kampanye itu tidak bisa digunakan kembali. Sayang, padahal proses pilkada beririsan dengan proses pemilu, " jelasnya. 

Diapun meminta kepada seluruh jajaran pengawas pemilu untuk terus melakukan patroli pengawasan Pemilu 2024. Hal itu, kata dia, demi memastikan tidak ada pelanggaran pada Pemilu 2024.

Danrem 152 Baabullah Ternate, Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga menyatakan pihaknya akan membantu pihak kepolisian dalam melakukan pengamanan. "Kami sebagai TNI tentu memiliki tugas penting agar pelaksanaan pemilu berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Juga, kata dia, TNI yang berada dibl wilayah Maluku Utara akan menjunjung tinggi netralitas TNI. "Karena netralitas TNI harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar lagi," tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga, anggota Bawaslu Provinsi Maluku Utara Adrian Yoro Naleng mengajak seluruh pihak berkolaborasi demi memastikan Pemilu 2024 berjalan baik. Khususnya, kata dia, Provinsi Maluku Utara yang berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Bawaslu merupakan daerah yang rawan tinggi pada urutan ketiga dapat menjadi provinsi terbaik dalam pemilu mendatang.

"Mari, kita ukir sejarah menjadi provinsi (Maluku Utara) terbaik dalam penyelenggaraan pemilu 2024," tuturnya.

Sebagai informasi Apel Siaga dan Patroli Pengawasan Pemilu 2024 di Ternate, Maluku Utara dihadiri perwakilan pemerintah daerah, perwakilan kepolisian Maluku Utara, perwakilan Kejati Maluku Utara, perwakilan TNI, organisasi masyarakat, perwakilan pengurus partai politik, jajaran pengawas pemilu dari tingkat provinsi sampai pengawas TPS.

Editor: Rama Agusta
Fotografer: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu