• English
  • Bahasa Indonesia

Jalani FPT Calon Anggota Bawaslu, Fritz Ingin Kapasitas Staf Bawaslu Ditingkatkan

Calon Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menjalani uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi II DPR RI di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Calon Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan kapasitas staf Bawaslu seluruh Indonesia harus ditingkatkan. Hal tersebut dikatakannya di depan Pimpinan Komisi II DPR, saat uji kepatutan dan kelayakan calon Anggota Bawaslu periode 2022-2027 di Gedung DPR, Rabu, (16/2/2021).

"Ke depan Bawaslu harus meningkatkan kapasitas staf. Bisa membuat modul yang khusus digunakan untuk staf. Selama ini Bawaslu sering melakukan bimtek untuk komisioner," ungkapnya.

Dikatakan Fritz, Bawaslu harus membangun sinergitas kesekertariatan dengan komisioner. Pasalnya, sering terjadi friksi antara keduanya. Sehingga mengganggu kinerja lembaga dalam upaya menegakkan keadilan.

"Perlu ada upaya kerjasama dan aturan untuk menanangi hal itu. Supaya tidak terjadi lagi pada masa mendatang," terangnya.

Selain itu, pria kelahiran Medan, Sumatera Utara ini ingin ada inovasi terbaru dalam merumuskan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), yaitu IKP identitas. Karena konflik identitas dalam masyarakat saat pesta demokrasi cukup tinggi.

"Agar kita bisa mengetahui isu sara dan bisa mendekati tokoh-tokoh agama untuk menekan penggunaan isu sara," ungkapnya.

Sekadar Informasi, Fritz merupakan anggota Bawaslu aktif periode 2017-2022. Saat ini ia menjadi koordinator divisi hukum, humas, data dan inforamasi.

Penulis: Hendi Purnawan
Foto: Jaa Rizka

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu