• English
  • Bahasa Indonesia

Inilah Lima Anggota Bawaslu 2017-2022 Terpilih

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Melalui proses voting terbuka pada Rabu (5/4) dinihari, Komisi II DPR akhirnya memilih lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2017-2022. Lima nama Anggota Bawaslu, terpilih didominasi oleh orang yang berlatar pendidikan hukum.

 

Mekanisme pemilihan kemarin dilakukan dengan menggunakan voting dimana seorang anggota Komisi II DPR memilih maksimal lima nama Calon Anggota Bawaslu. Dalam voting terbuka yang dihadiri oleh 55 anggota Komisi II DPR itu, akhirnya menetapkan lima nama yang memiliki suara terbanyak.

 

Kelima nama tersebut adalah Ratna Dewi Pettalolo (54 suara), Mochammad Afifuddin (52 suara), Rahmat Bagja (51 suara), Abhan (34 suara), dan Fritz Edward Siregar (33 suara). Dari lima nama yang terpilih, tercatat empat orang diantaranya berlatar pendidikan hukum, yakni Ratna Dewi Pettalolo, Rahmat Bagja, Abhan, dan Fritz Edward Siregar.

 

Saat ini, Ratna Dewi menjabat sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, Abhan merupakan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Bagja adalah Dosen Fakultas Hukum Universitas Al Azhar Indonesia, Mochammad Afifuddin menjabat sebagai Dewan Pengarah Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), dan Fritz Edward seorang Pengajar Hukum Tata Negara di STH Indonesia Jentera.

 

Pada forum yang sama, Komisi II DPR juga telah memilih tujuh Calon Anggota KPU RI periode 2017-2022.

"Itulah hasil dari pemungutan suara yang telah dilakukan. Sebagaimana yang telah disepakati diawal, KPU tujuh dan Bawaslu lima. Sesuai urutan yang ada tidak perlu dibacakan, sudah dicatat dan difoto," kata Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali usai penghitungan suara di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/4) jelang pagi hari.

Ia menjelaskan hasil ini akan dilaporkan ke Rapat Badan Musyawarah (Bamus) siang nanti. "Untuk itu, saya ingin tanyakan kepada bapak ibu yang terhormat, apakah hasil sebagaimana tertera di kiri kanan saya bisa setujui?" tanya Zainuddin kepada para anggota Komisi II DPR yang disambut dengan jawaban setuju. Rencananya, setelah dibawa ke Bamus hasil ini akan dimintakan persetujuannya pada Rapat Paripurna 6 April mendatang. Selanjutnya pekan depan, para anggota Bawaslu terpilih akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

Penulis: Haryo

Foto: Zain/Muhtar

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu