• English
  • Bahasa Indonesia

IKP Jadi Salah Satu Rumusan Strategi Pengawasan Pemilu 2024

Anggota Bawaslu Herwyn J. H Malonda saat membuka Rapat Koordonasi Nasional (Rakornas) Identifikasi Strategi Kebijakan Pengawasan Tahapan Penetapan Jumlah Kursi dan Penetapan Daerah Pemilihan di Bali, Senin (5/12/2022).

Bali, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Herwyn J. H Malonda meminta Pusat Penelitian, Pengembangan, Pendidikan, dan Pelatihan (Puslitbangdiklat) Bawaslu merumuskan strategi pengawasan Pemilu 2024 salah satunya berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP). Pasalnya, kata dia, IKP merupakan sistem peringatan dini (early warning system) yang dapat memetakan kerawanan apa saja yang mungkin terjadi.

"(Saya harap) nantinya Bawaslu dapat membuat strategi kebijakan  pengawasan pemilu dengan menyesuaikan dengan IKP. Hal itu agar dalam melakukan tugas-tugas pengawasan basis datanya jelas, basis datanya kuat," kata dia saat membuka Rapat Koordonasi Nasional (Rakornas) Identifikasi Strategi Kebijakan Pengawasan Tahapan Penetapan Jumlah Kursi dan Penetapan Daerah Pemilihan di Bali, Senin (5/12/2022).

Sehingga, kata dia, pencegahan dapat dilakukan secara optimal berdasarkan data-data yang ada.  "Data-data itu akan kita optimalkan, agar nantinya secara tugas (pengawasan) bisa kita laksanakan secara tepat dan sesuai sasaran," ujarnya.

Pria kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara juga berharap Puslitbangdiklat dapat menjadi dapur kebijakan Bawaslu yang akan menghasilkan model-model pengawasan yang tepat. "Kami berharap pertemuan kita saat ini dapat merumuskan kebijakan Bawaslu," ujarnya.

Selain itu, kata Herwyn, dalam melakukan pengawasan pemilu Bawaslu tidak hanya menggunakan metode konvensional, melainkan juga  melakukan pengawasan menggunakan teknologi informasi. "Selain melakukan pengawasan secara konvensional yang kita lakukan saat ini, Bawaslu juga akan berorientasi pada pengawasan berbasis cyber dengan menggunakan digitalisasi," ujarnya.

Penulis: Robi Ardianto
Foto: Bhakti

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu