• English
  • Bahasa Indonesia

Herwyn Minta Panwascam Kabupaten Karawang Pelajari Undang-Undang Pemilihan, PKPU, dan Perbawaslu

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dalam Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Karawang pada Pemilihan Serentak 2024, Jumat, (24/5/2024).

Karawang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda meminta seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Karawang pelajari Undang Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dan Perbawaslu. Sebab, pemahaman terhadap regulasi menjadi senjata utama pengawas dalam melaksanakan tugas pengawasan.

"Pengawas pemilu wajib memahami regulasi. Mulai buka lagi undang-undang pemilihan. Karena ada perbedaan dengan pemilu. Lalu jangan lupakan wewenang, tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas," kata Herwyn dalam Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Karawang pada Pemilihan Serentak 2024, Jumat, (24/5/2024).

Perlu diketahui, jumlah panwascam di Kabupaten Karawang yang dilantik sebanyak 90 orang. Adapun 60 orang merupakan panwas yang sudah bertugas pada Pemilu 2024. Sedangkan 30 panwas merupakan anggota baru. Maka, Herwyn harap panwas yang lama bisa membagi ilmu, informasi dan pengalaman kerja-kerja pengawasan kepada yang baru.

"Koordinasi antar individu panwascam sangat penting. Jika ada masalah duduk bersama untuk mencari solusi. Pastikan semua proses berjalan sesuai aturan yang berlaku. Meskipun ad hoc, jangan kerja dengan setengah hati. Lakukan kerja dengan baik," tuturnya.

Koordinator sumber daya manusia dan organisasi ini mengingatkan kepada seluruh jajaran panwascam untuk menjaga integritas. Tidak tergoda olah iming-iming uang, jabatan maupun fasilitas yang ditawarkan oleh oknum-oknum tertentu yang ingin mendapatkan kemenangan.

"Jabatan sebagai panwascam jangan dijadikan sebagai aji mumpung untuk keruk pundi-pundi uang. Utamakan integritas dalam melakukan pengawasan. Kami tidak akan toleransi jika ada jajaran yang melanggar integritas. Akan kami tindak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," tegasnya.

Penulis dan foto: Hendi Poernawan
Editor: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu