• English
  • Bahasa Indonesia

Herwyn Dorong Jajaran Pengawas Lakukan Percepatan Penguasaan Regulasi

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat memberi arahan kepada panitia pengawas kecamatan (panwascam) se-Kota Balikpapan di Kantor Bawaslu Kota Balikpapan, Rabu (26/6/2024).
 
Balikpapan, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mendorong jajaran pengawas pemilu lakukan percepatan penguasaan regulasi. Pengawas pemilu harus sudah memiliki paradigma penegakan regulasi pemilihan, bukan pemilu.
 
”Pergunakan waktu yang tepat dan cepat. Banyaklah berdiskusi tentang regulasi. Jangan sampai sudah masuk tahapan pemilihan tetapi paradigma masih pemilu,” ucap Herwyn saat memberi arahan kepada panitia pengawas kecamatan (panwascam) se-Kota Balikpapan di Kantor Bawaslu Kota Balikpapan, Rabu (26/6/2024).
 
Dia menegaskan, penggunaan paradigma yang tepat berpengaruh pada ketepatan penanganan pelanggaran. ”Saya minta kepada teman-teman pengawas, pelajari regulasi melalui undang-undang yaitu, UU 1 Tahun 2015 (tentang Pemilihan) dan perubahannya. Pahami PKPU. Itu akan jadi bekal kita,” ujar Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Diklat.
 
Lebih lanjut, dia menegaskan agar pengawas pemilu tetap menjaga integritas pengawas, walaupun mendapat tantangan dan hambatan. Ia mengatakan, pengawas pemilu berisiko tidak disukai karena mengusik zona nyaman orang lain. “Padahal, karena itulah pengawas pemilu dihadirkan, untuk mengawal demokrasi.” Lanjut Herwyn.
 
Dia juga mendorong jajarannya agar menyebarluaskan hasil pengawasan. Dengan demikian, masyarakat mengetahui dan menganggap Bawaslu hadir untuk mengawasi demokrasi. “Jangan cuma diam. Caranya bisa dengan memaksimalkan media sosial. Tentunya dengan konsuekuensi, kita terbuka, kita juga harus bekerja,” tutupnya.
 
 
Editor: Deytri Aritonang
Foto: Nofiar
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu