• English
  • Bahasa Indonesia

Hak Pilih adalah Gen yang Melekat

Musi Rawas, Badan Pengawas Pemilu – Pemilu merupakan arena penyadaran hak politik masyarakat. Melalui kerja politik akan mampu memperbaiki kualitas sumber daya manusia di masyarakat. Dalam prinsip pemilu hak pemilu itu melekat. Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Bawaslu, Daniel Zuchron, dalam sambutan pembukaan Sosialisasi Tatap Muka kepada Stakeholders dan Masyarakat dalam Rangka Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Pemilihan Gubernur, Bapati dan Walikota Tahun 2015 di Musi Rawas, Selasa (19/5). “Jika hak pilih ibarat gen, maka hak pilih itu melekat,” ungkapnya.

Daniel menyatakan bahwa hak memilih tidak boleh dibatasi. Rakyat sebagai pemegang kedaulatan. Tidak boleh ada hak suara yang hilang dari masyarakat dan jangan sampai ada hak untuk maju sebagai kandidat yang hilang atau dibatasi.  Pilkada merupakan perhelatan akbar yang melibatkan seluruh elemen masyarakat di sebuah daerah. Pelaksananaannya perlu didukung secara luas. “Jika ingin mendukung proses demokrasi dan kemajuan politik, maka pemuda juga harus bergabung dalam hal pelaksanaan pesta demokrasi,” lanjut Daniel.

Acara yang digelar di auditorium kantor Bupati Musi Rawas ini dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu RI, Daniel Zuchron, Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Kurniawan, Wakil Bupati Musi Rawas, Hendra Gunawan, dan para pemangku kepentingan pilkada di Kabupaten Musi Rawas.

Dalam hal dukungan pemerintah kabupaten Musi Rawas, pemkab siap memfasilitasi Panwaslu jika diminta secara tertulis dan mampu diakomodasi oleh pemkab sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Bupati Musi Rawas. “Kita menginginkan penyelenggaraan pilkada di Sumsel yang terbaik di Indonesia,” tegasnya.

Pemerintah kabupaten juga telah memetakan potensi kerawanan dari 199 desa/kelurahan dan 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Dalam kegiatan sosialisasi ini peserta dibagi menjadi tiga kelas, yaitu; kelas sosialisasi yang dipandu oleh Deytri Aritonang, kelas pendidikan investigasi pengawasan  dipandu oleh Rikson Nababan, dan workshop penanganan pelanggaran yang dipandu oleh Yulianto.

Penulis : M. Agus Saifuddin

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu