• English
  • Bahasa Indonesia

Gunawan: Pilkada Banggai Berlangsung Jujur dan Bermartabat

Sekretaris Jenderal Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro, yang melakukan supervisi secara langsung Pilkada 2015 di Luwuk, Kabupaten Banggai, Rabu (9/12). Memakai selendang bertuliskan “Banggai Cinta Damai” Gunawan Suswantoro didampingi Ketua Panwas Kabupaten Banggai, bersama Kapolres, Kajati, Dandim dan Sekda Kabupaten Banggai melakukan supervisi di kota yang dijuluki Kota Berair ini.

Luwuk, Badan Pengawas Pemilu - Sekretaris Jenderal Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro, yang melakukan supervisi secara langsung Pilkada 2015 di Luwuk, Kabupaten Banggai mengungkapkan bahwa ketokohan tiga pasangan calon pada Pilkada Kabupaten Banggai akan membawa suasana kondusif pada pelaksanaan Pilkada 2015 di Kabupaten Banggai, Rabu (9/12). Dia optimis pilkada berlangsung jujur dan bermartabat hingga seluruh tahapan selesai.

"Karena ketiga pasangan calon ini adalah tokoh nasional dan lokal disini (Banggai). Jadi saya berharap, pilkada di Banggai ini akan menjadi yang terbaik minimal di Sulawesi Tengah, "ujar Gunawan.

Gunawan juga mengungkapkan harapannya bahwa Pilkada di Banggai bisa berlangsung jujur dan bermartabat hingga seluruh tahapan pilkada berakhir dan pasangan calon kepala daerah terpilih ditetapkan. Dia juga mengharapkan masyarakat Banggai bisa saling mendukung untuk siap menang dan siap kalah.

Kabupaten Banggai merupakan salah satu daerah yang masuk zona merah dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dengan nilai tertinggi di Provinsi Sulawesi Tengah. Namun dari pantauan Bawaslu RI, Pemilihan di Kabupaten Banggai pada Rabu, 9 Desember 2015 dapat berlangsung tertib dan aman.

Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 251 ribu, masyarakat Banggai di 23 kecamatan melaksanakan hak pilihnya pada 211 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Walaupun pada saat pembukaan kotak logistik, diketahui dibeberapa TPS secara keseluruhan ada kekurangan sebanyak 1.031 surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan 187 surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Meski begitu kekurangan tersebut dapat segera diselesaikan oleh pihak KPU Kabupaten Banggai.

Memakai selendang bertuliskan “Banggai Cinta Damai” Gunawan Suswantoro didampingi Ketua Panwas Kabupaten Banggai, bersama Kapolres, Kajati, Dandim dan Sekda Kabupaten Banggai melakukan supervisi di kota yang dijuluki Kota Berair ini. Rombongan mengunjungi TPS tempat para pasangan calon kepala daerah terdaftar sebagai pemilih.

Penulis/Foto : M Zain

Editor : Ira Sasmita

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu