• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Jelaskan Tiga Hal Penting Kompetensi Pengawas Pemilu

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menyampaika materi sekaligus membuka kegiatan Bimtek Pengawas Kelurahan dan Desa Bagi Bawaslu Kabupaten/Kota pada Pilkada 2020 di Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (22/10/2020) / Foto : Yohanes M.U Humas Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah
Palangkaraya, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menjelaskan pentingnya kompetensi dalam aspek kelembagaan. Menurut Fritz setidaknya ada tiga hal penting kompetensi yang harus di kusai sebagai pengawas pemilu. 
 
"Ada tiga kompetensi yang penting menurut saya harus dimiliki ,yaitu kompetensi akan kesadaran berorganisasi, kompetensi kepercayaan diri serta kejelasan terhadap kualitas dan ketelitian dalam kerja," ujarnya pada saat menyampaika materi sekaligus membuka kegiatan Bimtek Pengawas Kelurahan dan Desa Bagi Bawaslu Kabupaten/Kota pada Pilkada 2020 di Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (22/10/2020).
 
Fritz menjelaskan kompetensi kesadaran berorganisasi menjadi suatu hal utama untuk membangun sebuah lembaga.  Menurutnya hal tersebut dapat di implementasikan ketika membagi peran dan tanggung jawab dalam melakukan tugas dan fungsi di dalam berorganisasi. 
 
"Jangan hanya honor yang dibagi, tetapi juga tanggung jawab dalam pekerjaan dan tugasnya masing-masing," ujarnya. 
 
Terkait kompetensi kepercayaan diri, Fritz menjelaskan  bagian penting yang harus dimiliki oleh jajaranya. Menurutnya kepercayaan diri merupakan modal terpenting menjalankan tugas pengawasan terutama pada garda terdepan. 
 
"Tanpa kepercayaan diri, pengawas pemilu seperti kelurahan dan desa tidak bisa melakukan apa yang harus dilakukan. Oleh karena mereka adalah garda terdepan dan harus memiliki kepercayaan diri, sehingga bahwa benar mereka bagian dari Bawaslu," ujarnya. 
 
Selain itu, Fritz juga menjelaskan beberapa aspek penting terkait kompetensi, antara lain dalam hal kompetensi komunikasi intrapersonal, pengelolaan emosi, kesadaran sosial, efisiensi, serta kompetensi terkait integritas.
 
 "Menurut saya soal integritas adalah melakukan apa yang telah di ucapkan,"terangnya. 
 
Fritz berharap jajaran terus melakukan tugas pengawasan secara intensif pada penyelenggaraan Pilkada. Sebab untuk mewujudkan calon pemimpin yang diharapkan oleh rakyatnya membutuhkan proses panjang untuk mewujudkan pemilu yang demokratis. 
 
"Untuk mewujudkan pemimpin yang diharapkan tentunya dengan taat hukum serta semangat menjaga keadilan pemilu," tutupnya.
 
Penulis  : Danny Humas Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah
Foto       : Yohanes M.U
Editor    : Hendru
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

Savero Bawaslu

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu