• English
  • Bahasa Indonesia

DPRA Serahkan Daftar Usulan Panwaslih Aceh

Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro menerima daftar usulan Panwaslih Acehdi Ruang Rapat Lantai IV Gedung Bawaslu RI, Kamis (3/3).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Polemik adanya dualisme peraturan di Aceh tidak menjadi hambatan yang berlarut dalam pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) di Aceh. Bertempat di Ruang Rapat Lantai IV  Gedung Bawaslu RI, Kamis (3/3), rombongan DPR Aceh (DPRA) serta beberapa Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota (DPRK) di Aceh menyerahkan daftar usulan Panwaslih yang telah melalui fit and proper test di DPRA.

 

Pimpinan Bawaslu RI Nelson Simanjuntak mengapresiasi kerja DPRA dan DPRK yang telah menyelesaikan proses seleksi dengan menyerahkan masing-masing 10 nama. Ia menjelaskan, pemerintah perlu menghargai adanya peraturan tersendiri di Aceh karena memang sepanjang tidak diatur secara khusus mesti mengikuti peraturan nasional namun jika memiliki peraturan khusus tersendiri menggunakan peraturan khusus tersebut.

 

“Di Aceh ada qanun sehingga kita ikuti hukum yang berlaku di sana. Termasuk dalam hal pembentukan Panwas,” ujar Nelson didampingi Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro.

 

Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah menambahkan, Bawaslu akan segera menindaklanjuti daftar usulan tersebut. “Bawaslu menyambut dengan baik daftar usulan ini tanpa tendensi apapun. Yang akan menggelar pemilihan adalah masyarakat Aceh yang melalui lembaga perwakilan yakni DPRA jadi kami percayakan,” ujar Nasrullah.

 

Sementara  Abdulah Saleh, Ketua Komisi I DPRA mengatakan, pembentukan Panwaslih Aceh pada dasarnya yang membentuk adalah Bawaslu RI. “Kami seperti halnya tim seleksi yang melakukan perekrutan bagi Panwaslih Aceh,” kata Abdulah.

 

Ia berharap proses pembentukan berjalan dengan lancar dan baik sehingga tugas-tugas pengawasan bisa dilaksanakan.

 

Penulis/Foto  : Pratiwi/Muhtar

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu