• English
  • Bahasa Indonesia

DPR Bahas Evaluasi Pilpres 2014

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Komisi II DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi Pemilihan Umum ( KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam rangka evaluasi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014, di Jakarta, Senin, (1/9).

Dalam pembukaan rapat, Ketua Komisi II DPR, Agun Gunanjar Sudarsa mengapresiasi kerja keras KPU dan Bawaslu dalam rangka menyelenggarakan dan mengawasi Pilpres 2014. Namun, walau begitu ada beberapa catatan dalam Pemilu yang masih harus diperbaiki ke depan.

"Kami apresiasi kinerja Bawaslu dan KPU yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik, sehingga Pemilu berlangsung tanpa adanya konflik dan anarkisme. Namun, ada catatan terutama yang harus diperbaiki ke depan," ujarnya.

Dalam RDP tersebut, hadir Ketua Bawaslu Muhammad, Nasrullah, Endang Wihdatiningtyas, Daniel Zuchron, dan Nelson Simanjuntak. Sedangkan dari KPU hadir Ketua KPU Husni Kamil Manik, Hadar Navis Gumay, Arief Budiman, Ida Budhiati, Juri Ardiantoro, dan Sigit Pamungkas.

Lebih lanjut, Agun mengatakan bahwa saat ini memang terjadi pro dan kontra antara sukses atau tidaknya pelaksanaan Pileg dan Pilpres. Ada sebagian pengamat yang mengatakan bahwa Pemilu 2014 sudah berlangsung lebih baik daripada pemilu yang lalu, sedangkan yang lainnya mengatakan banyak kecurangan dan ketidakbenaran penyelenggara pemilu.

"Dalam rapat ini hendaknya kita dapat merumuskan langkah apa yang akan diambil untuk perbaikan pelaksanaan Pemilu di kemudian hari," ungkap Agun.

 

Penulis : Falcao Silaban 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu