• English
  • Bahasa Indonesia

Cegah Pelanggaran, Bawaslu Susun IKP Jelang Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dalam acara Konsolidasi Bidang Pelayanan Masyarakat Intelkam di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Bawaslu Rahmat Bagja memaparkan upaya Bawaslu dalam melakukan pencegahan pelanggaran pada Pilkada 2024. Salah satu pencegahan yang dilakukan yaitu menyusun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk memetakan daerah-daerah pemilihan berdasarkan tingkat kerawanannya. “Bawaslu juga melakukan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah terkait, sosialisasi kepada publik, partai politik, peserta pemilihan, dan tim kampanye terkait pelanggaran yang mungkin terjadi dalam pemilihan dan sanksi yang bisa dikenakan” kata Bagja, dalam acara Konsolidasi Bidang Pelayanan Masyarakat Intelkam di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Bagja menjelaskan, Bawaslu berupaya untuk lebih mendorong masyarakat dalam pengawasan serta melakukan pengawasan melekat dalam setiap proses tahapan pemilihan, jika ada indikasi akan terjadi dugaan pelanggaran, lakukan pencegahan seketika,“ tegas Bagja. Dalam paparan tersebut, Bagja juga menyampaikan beberapa potensi Pelanggaran Pilkada yang berimplikasi diskualifikasi paslon serta sanksi pidana dan pembatalan sebagai calon atau paslon diantaranya.

“Mutasi Pejabat tanpa izin Menteri Dalam Negeri 6 bulan sebelum penetapan paslon sampai akhir masa jabatan dan bisa juga, menggunakan program atau kegiatan pemerintah yang menguntungkan paslon,” jelasnya.

Lalu Politik Uang (Vote Buying) dia menambahkan, yang menjanjikan, memberikan uang atau materi lainnya, dan terakhir Menerima sumbangan dana kampanye dari pihak-pihak yang dilarang seperti pihak asing, pemerintah, BUMN/BUMD/BUMDes,” seru Bagja. “Tentunya Bawaslu membutuhkan sinergitas dan penyamaan presepsi dengan Polri, khususnya intelkam yang selama ini terjalin baik dapat lebih ditingkatkan lagi,“ tutup Bagja.

 

Berita: Nofiar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu