• English
  • Bahasa Indonesia

Car Free Day dan Senam Sehat Bawaslu RI

Jakarta, Bawaslu - Minat masyarakat untuk mengikuti Senam Sehat bersama Bawaslu RI pada event Car Free Day Jakarta, Minggu (16/11) semakin melonjak jumlahnya jika dibanding penyelenggaraan sebelumnya, Minggu (9/11) lalu.

Masyarakat Jakarta yang mengikuti Senam Sehat bersama Bawaslu RI  sebelumnya hanya mencapai 200-an, namun pada penyelenggaran kali ini mencapai 500-an. Membludaknya peserta senam ini cukup membuat kewalahan panitia mengatur peserta yang nyaris menyita jalur Busway Transjakarta dan menutup badan jalan depan Kantor Bawaslu RI sejak pukul 06.30 WIB selama lebih dua jam.

Event Car Free Day Jakarta yaitu hari tanpa kendaraan bermotor di sepanjang jalur Sudirman dan Thamrin yang digelar oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta ini disedikan untuk boot atau stan ukuran kecil, jalur jalan sehat, sepeda santai,  pawai, hingga berbagai atraksi khas Betawi ondel-ondel. Hari Tanpa Kendaraan Bermotor ini berlangsung secara rutin di setiap hari Minggu dari pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Keberadaan stan Bawaslu RI yang kedua kalinya mengikuti momen Car Free Day Jakarta  tidak hanya semata mengajak senam sehat bersama masyarakat, namun melalui senam sehat ini Bawaslu RI juga mengkomunikasikan kepada masyarakat tentang peran dan fungsi lembaga Bawaslu dalam mengawal kegiatan pemilu di Indonesia.

Melalui pesan yang  disampaikan disela-sela senam dijelaskan bahwa Bawaslu tidak hanya mengawasi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Tahun 2014 yang telah usa, tetapi juga di informasikan tentang aktifitas Bawaslu RI saat ini yang sedang mempersiapkan kegiatan pengawasan untuk Pemilu Kada yang akan diselenggarakab secara serentak pada September 2015 mendatang. Untuk itu Bawaslu mengajak masyarakat peduli dalam mengawasi Pemilu Kada dengan bergabung melalui Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu.

Dalam area stan Bawaslu RI juga di pajang berbagai informasi dan ajakan kepada masyarakat dalam mengawasi pemilu melalui peran pengawasan partisipatif. Selain itu potret berbagai aktifitas Ppimpinan Bawaslu RI dan jajarannya yang ditampilkan dalam berbagai foto ukuran besar cukup mendapat perhatian dari masyarakat. Sejumlah turis mancanegara  yang sedang melakukan jalan sehat pun mampir di area senam Bawaslu dan turut melakukan aktifitas senam.

Beberapa peserta senam yang terlihat begitu aktif dan antusias mendapat apresiasi panitia untuk tampil diatas panggung dan bersama instruktur memandu senam dalam gerakan-gerakan lucu sehingga merekapun  disemati Pin Bawaslu. Momen ringan dan akrab ini mendapat aplaus peserta senam sehingga semakin mendekatkan dan mengenalkan Bawaslu RI atas peran dan tugas lembaga ini kepada masyarakat.

Bawaslu RI mengagendakan berpartsipasi dalam Car Free Day ini dalam 3 (tiga) even kegiatan, yaitu pada 3 (tiga) hari Minggu di tanggal  9-16 dan 23 November 2014.

 

Penulis: NurmalawatiPulubuhu

Photo: Muhammad ZainTarsang

 

 

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu