• English
  • Bahasa Indonesia

Bersihkan APK, Totok Katakan Satpol PP bantu Bawaslu

Anggota Bawaslu Totok Hariyono pada kegiatan Rapat Kerja Nasional Satuan Polisi Pamong Praja Tahun 2023 dan Upacara Gelar Pasukan Satpol PP dan Satlinmas, di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis, (2/3/2023).

Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Totok Hariyono tegaskan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) selalu membantu Bawaslu dalam menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK). Hal ini disampaikan pada kegiatan Rapat Kerja Nasional Satuan Polisi Pamong Praja Tahun 2023 dan Upacara Gelar Pasukan Satpol PP dan Satlinmas.
"Sejak dahulu, Satpol PP ini sahabat Bawaslu. Selalu membantu Bawaslu dalam kondisi apapun," katanya di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis, (2/3/2023).

Bentuk dukungan Satpol PP berdasarkan penegakan Peraturan Daerah yang berdasarkan Peraturan KPU tentang APK dan larangannya. Oleh karena penegakan perda, Totok mengharapkan tidak ada APK yang harus ditertibkan jika peserta mematuhi aturan.

"Satpol PP, Sahabat Bawaslu, saya tahu bagaimana perjuangannya menertibkan APK yang melanggar. Satpol PP juga melalui Satlinmas menjaga TPS-TPS dari dahulu sampai pemilu 2024 nantinya," terangnya.
Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu ini juga mengingatkan kepada peserta pemilu untuk menaati aturan tentang pemasangan APK. Jika tidak taat, maka Satpol PP yang kesulitan dalam pembersihan APK. Apalagi, calon anggota legislatif adalah calon negarawan. Jadi, calon negarawan semestinya berkampanye sesuai dengan aturan.

"Caleg itu kan calon negarawan, jangan melanggar saat kampanye. Karena jika melanggar di awal, berkemungkinan menjadi pejabat pun melanggar aturan. Jadi tolong sampaikan kepada peserta pemilu untuk tidak menyulitkan Satpol PP karena APK yang tidak taat aturan," pungkasnya.

Kegiatan ini sekaligus memperingati HUT ke- 73 Satpol PP dan HUT ke-61 Satlinmas  dihadiri oleh 600 peserta seluruh Indonesia.

Peliput/foto: Andrian Habibi
Editor: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu