• English
  • Bahasa Indonesia

Berseragam Batik, Sekjen Bawaslu Lantik Kasek Kalsel dan Kasubbag

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Dengan mengenakan Batik, Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro di secara resmi melantik Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepala Sub Bagian Pengawasan Internal Bawaslu di Jakarta, Jumat (31/10). Kapala Sekretariat yang dilantik adalah, Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan Drs. Maksum Nafarin, M.AP dan Kepala Sub Bagian Pemeriksa kinerja pada Bagian Pengawasan Internal Achmad Syaichu, SE.

Pelantikan tersebut secara langsung dihadiri oleh Ketua Bawaslu RI Muhammad dan Pimpinan Bawaslu Nasrullah serta seluruh Bawaslu Provinsi Se- Indonesia yang turut menyaksikan pengambilan sumpah dan janji.

Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro dalam pelantikannya menyapaikan, kepada pejabat yang dilantik dan diambil sumpah janji supaya berkomitmen penuh terhadap jabatan yang sudah melakukan sumpah sesuai dengan jabatan yang diemban. dikatakan selain berkomitmen pada sumpah jabatan, kedepan Bawaslu memiliki visi dan misi untuk meningkatkan tata pengelolaan keuangan dengan status yang jauh lebih baik dari sebelumnya di tahun 2013.

“Mulai hari ini harus tetap focus program – program tahun 2014, terkait hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun 2013, saya berharap lebih meningkatkan tata pengelolaan keuangannya agar opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian) pada Laporan Keuangan Tahun 2013 dapat ditingkatkan menjadi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) ditahun yang akan datang,” harapnya.       

Selain mengulas terkait pengelolaan keuangan, lanjut Gunawan mengatakan bagi para pejabat yang sudah berjanji dengan mengucapkan sumpah janji jabatan 10 butir pakta integritas, ia menekankan komitmen dan tidak sekedar simbolisasi dan formalitas belaka, namun menjadi kewajiban dalam menjalankan tugas bagi para pejabat yang sudah diambil sumpahnya. Gunawan berjanji bagi siapapun yang melanggar, akan ditindak dengan tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Bagi saya Pakta intergritas adalah harga mati, dan apabila terbukti melanggar Pakta ingeritas saya akan menindak dengan tegas ,” tegasnya.

Mengingat akan dilakukanya Pemilihan Gubernur dibeberapa daerah, Gunawan menghimbau kepada jajaran Bawaslu Provinsi dan pejabat struktural lainya yang akan melakukan pemilihan Gubernur di daerah masing – masing, diupayakan peran secara aktif mengingat akan dilakukan pemilihan Gubernur 247 di seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2015 yang tersebar di 31 Provinsi. “terkecuali aceh dan DKI Jakarta,” ujarnya

Selain pelantikan lanjut Gunawan mengataka, pelantikan kali ini tidak seperti biasanya karena, mengingat apa yang sudah dilakukan oleh Presiden RI melantik Kabinet Menteri yang telah di contohkan, kesempatan kali ini turut memakai pakaian batik dimana batik sebagai sibol dan cirri khas kebudayaan Indonesia.

“Batik ini adalah pola kesederhanaan dimana batik sekarang dipakai untuk acara pelantikan nasional, dan ini kita praktekkan di Sekretariat Jenderal Bawaslu,” tambahnya.

Penulis                                : Hendru Wijaya

Editor                                  : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu