• English
  • Bahasa Indonesia

Beri Bimtek PTPS, Lolly Ingatkan 4 Hal kepada PTPS

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat membuka Bimtek bagi PTPS se-Kota Tidore Kepulauan, Jumat (9/2/2024).

Ternate, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengingatkan empat hal kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam menjalankan tugasnya. Pertama, kata dia, tepat prosedur, tepat tata cara, dan tepat mekanisme.

"Tepat prosedur misalnya waktu buka TPS harus dibuka jam 7 pagi dan PTPS harus sudah dilokasiblebih awal guna memastikan kesiapannya berjalan lancar," ujarnya, Jumat (9/2/2024).

Dia pun mengingatkan kepada PTPS harus memahami regulasi di luar kepala. Pasalnya, mekanisme pengawasan yang dilakukan PTPS harus berdasarkan regulasi yang ada.

Hal kedua yang perlu diingat oleh PTPS, ujar dia, tepat jumlah logistik. Lolly mengingatkan agar PTPS memastikan logistiknya sudah sesuai atau belum.

"Jadi, nanti begitu bekerja, pastikan setelah kita cek prosedurnya sudah benar, kita cek logistiknya sesuainya atau tidak. Jumlah logistik harus dihitung yang ada berapa jumlahnya, yang terpakai berapan, dan tidak terpakai berapa," ujarnya.

Selanjutanya, ketiga, hal yang harus dilakukan PTPS yakni akurat data pemilih. "Jadi kita cek logistiknya sesuai jumlah atau tidak, lalu kita cek datanya akurat atau tidak," imbuhnya.

Keempat, kata dia, memastikan potensi kerawanan yang mungkin terjadi di TPS saat pemungutan suara.

"Kalau PTPS-nya progresif, aktif, dan punya inisiatif penuh insya Allah semua potensi pelanggaran mampu kita cegah sejak awal. Contoh, tiba-tiba ada kpps yang lupa menandatangani surat suara, maka surat suara tersebut tidak sah," tuturnya.

Diapun mengatakan pengawas TPSĀ  tidak sekadar harus memiliki pengetahuan, juga harus memiliki integritas. Apalagi, kata dia, TPS merupakan arena tempur, banyak orang yang memiliki kepentingan.

"Pengawas TPS itu tidak hanya sekadar punya pengetahuan, juga harus clear integritasnya. Pastikan tidak ada ruang orang yang menyerang pribadi kita sebagai PTPS, pokoknya dri atas ujung kepala sampai ujung kaki," teganya.

Sebagai infomasi, pemberian bimbingan teknis di Kota Ternate diikuti sebanyak 571 PTPS. Sebelumnya, Lolly juga memberikan arahan kepada PTPS di Tidore Kepulauan sebanyak 373.

Editor: Rama Agusta
Fotografer: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu